maandag 11 september 2017

Boerenkool (Brassica Oleracea)


Di setiap hari jumat dan sabtu, di pusat kota ada pasar terbuka. Selama dua hari tersebut, kita bisa berbelanja berbagai macam kebutuhan dapur, baju dan tanaman. Setiap kali ke pasar, saya sangat suka menikmati pajangan tanaman dan berbagai bunga. Jadi tidak perlu jauh-jauh ke taman dan juga gratis.

Ada seorang penjual tanaman yang juga menjual benih untuk kebun. Ada banyak macamnya, mulai dari bumbu-bumbu Italy (oregano, Rosemary, mint dll) sampai kobis dan aneka daun salada.

Di hari sabtu kemarin, saya membeli sejenis kol Brassica oleracea jika dimasak lodeh, rasanya seperti daun kacang panjang (mbayung). Daun kool ini bisa dimasak lodeh, gulai sampai oseng-oseng.



Daun kool ini mengandung vitamin A, B6, B12, C dan D. Selain itu juga mengandung kalsium, magnesium dan zat besi. Tidaklah mengherankan jika kool ini sangat populer dan bahkan dijadikan superfood. Ada berbagai cafe yang mengolahnya menjadi smoothie.

Tanaman kool ini bisa ditanam setelah musim panas dan bisa bertahan di cuaca dingin. Ini sangat ideal untuk mengisi kebun dan tentunya mengisi dapur di musim dingin.

Orang Belanda sangat menyukai daun kool ini untuk dimasak bersama kentang dan dengan lauk sosis. Nama masakannya adalah stampot. Kadang saya juga memasak stampot dengan cita rasa Indonesia.

Geen opmerkingen:

Een reactie posten