woensdag 30 augustus 2017

Gambas (courgette atau zucchini)

bunga gambas dan gambas muda


Salah satu sayuran populer yang banyak ditanam di kebun rakyat Belanda adalah gambas atau courgette atau zucchini. Sayuran ini sangat mudah ditanam dan mampu menghasilkan gambas dalam jumlah yang relatif banyak.

Bunga zucchini selain indah juga bisa dimasak dengan cara goreng tepung. Sayang sekali, bunga ini seringkali dimakan oleh siput-siput kecil. Oleh sebab itu, perlu diperhatikan setiap hari agar bunganya tumbuh mekar dan berbuah.

Gambas mengandung nutrisi dan vitamin sebagai berikut: vitamin A, B, C dan D. Selain vitamin, zucchini juga mengandung calcium, magnesium dan zat besi. Jika mengkonsumsi sayuran ini, asupan serat yang sangat baik bagi pencernaan akan terpenuhi karena sayuran ini mengandung serat yang banyak.

Zucchini bisa diolah dalam berbagai masakan. Mengapa? karena sayuran ini rasanya netral sehingga fleksibel untuk berbagai macam resep. Bisa dipadu padan dengan berbagai macam sayuran lainnya. Bisa dimasak untuk soup sampai BBQ.

Kali ini, saya menanam courgette atau gambas bulat. Kemarin saya memasaknya untuk pasta, soup dan oseng-oseng.

Jika tidak memiliki lahan kebun yang luas, gambas bisa ditanam dalam sebuah pot yang besar. Isi pot dengan tanah yang cukup kandungan nutrisi (pupuk dan kompos). Beri air secukupnya. Selain akan menghasilkan gambas untuk konsumsi, tanamannya akan memberi keindahan tersendiri di dalam rumah. Selamat mencoba ...

Geen opmerkingen:

Een reactie posten