maandag 24 juli 2017

Menjaga kesehatan gigi



Sejak hari selasa minggu kemarin, CP mengeluh bahwa gigi bagian bawah terasa sakit. Saya memeriksa gigi dan mulutnya dan terlihat gusinya memerah dan membengkak. Saya menduga kalau dia terkena infeksi gusi. Berlagak seperti dokter gigi, saya menyarankan agar CP lebih seksama ketika menggosok gigi-giginya. Ditambah dengan berkumur dengan cairan khusus untuk mulut. Dengan harapan agar rasa sakitnya berkurang.

Sayang sekali, sampai hari minggu kemarin, rasa sakitnya tidak berkurang malah bertambah. Setelah menelpun dokter gigi di pagi hari, CP ditangani dokter gigi asli jam 14:50. Benar, gusinya meradang karena ada kotoran sisa makanan yang terselip di antara gigi kemudian membusuk dan tertutup oleh gusi. Itu yang menyebabkan radang gusi.

Asisten dokter gigi kemudian membersihkan gigi-giginya. Setelah itu disarankan agar CP menjaga kebersihan dan kesehatan gigi dengan cara: menggosok gigi dengan seksama dan membersihkan sela-sela gigi dengan sikat khusus.

Sejak CP memiliki beugel memang dia kesulitan untuk membersihkan gigi-giginya. Bersyukur, sudah 1 bulan ini, dia bebas dari beugelnya. Ternyata selama dia memakai beugel, kondisi gusinya kurang bagus. Untuk itu, dia harus disiplin menjaga agar kesehatan mulut dan giginya dengan bagus.

Jika CP tidak teratur ke dokter gigi, saya rasa dia akan memiliki kondisi gigi yang tidak bagus. Dia akan memiliki gigi yang berlubang atau sakit gigi. Kami memeriksakan gigi dan membersihkan karang gigi dengan teratur. Dengan demikian, kami terhindar dari sakit gigi yang katanya sangat luar biasa sakitnya.

Dengan memiliki gigi yang sehat dan bersih, kita bisa juga tersenyum dengan cemerlang ...

Geen opmerkingen:

Een reactie posten