dinsdag 27 juni 2017

Cara mudah membuat Selai redberries dan strawberry



Buah-buahan merah berjenis berry ini sangat rentan dan mudah rusak. Kesegarannya tidak bertahan lama dan jika tidak berhati-hati akan mudah berjamur. Oleh sebab itu, jika memungkinkan, segera nikmati buah-buahan ini setelah dipetik. Selain itu, buah-buahan ini bisa disimpan dalam lemari es selama dua hari.

Tapi jika memiliki buah dalam jumlah yang relatif banyak, bisa dibuat selai atau dibekukan. Kali ini, buah-buah merah ini dibuat selai.

Bahan: 1 Kg gula yang khusus untuk membuat selai (mengandung pectine) dan 1 Kg buah-buahan

Persiapan: siapkan botol selai, 2 panci dan tang dan bersihkan buah-buahan. 

Caranya sangat mudah. Langkah pertama, siapkan botol-botol selai. Kemudian rebus sampai mendidih. Angkat botol-botol itu kemudian diletakkan di atas kain serbet bersih sampai botolnya kering. (Sebaiknya dikeluarkan dari panci bersamaan waktunya ketika adonan buah juga mendidih)


Rebus botol selai (steril)


Setelah air mendidih, keluarkan botol dengan sebuah tang
















Bersihkan buah dengan hati-hati kemudian cuci bersih. Kemudian, iris strawberry sesuai selera. Sisihkan. Sisa buah diblender selama beberapa detik, jaga agar tekstur buah masih ada.



Bersihkan dan cuci dengan hati-hati







Campur gula dan buah-buahan kemudian blender. Masukkan irisan strawberry.





Rebus adonan buah-buahan sampai mendidih. Setelah mendidih biarkan selama 5 menit. Kemudian segera masukkan ke dalam botol selai yang masih panas. Segera balik botolnya dan biarkan selama menit sehingga botolnya menjadi kedap udara. Cara sederhana ini adalah untuk menjaga agar selai tahan lama. 


Setelah 5 menit, balik kembali botol selai. Jika ada selai yang mengotori botol, segera bersihkan dengan kain lap bersih. Simpan di tempat kering. Jika dilakukan dengan cara baik, selai ini akan bertahan 1 tahun.

Selamat mencoba.

*** Jika tidak memiliki gula khusus yang mengandung pectine, bisa menggunakan gula pasir biasa. Setelah jadi adonannya, simpan di dalam lemari es semalam. Kemudian masak dengan cara yang sama.

Geen opmerkingen:

Een reactie posten