woensdag 31 mei 2017

Jalan-jalan


Pelabuhan Zierikzee di senja hari 22:00 (27 mei 2017)



Hampir setiap hari, kami mencoba untuk berjalan-jalan di sekitar rumah. Kadang di hari sabtu atau minggu, kami berjalan-jalan di daerah lain. Jika berlibur, pagi hari ketika orang-orang masih tidur nyenyak, saya akan memutari daerah sekitar. Atau setelah makan malam, ketika matahari hampir terbenam, acara yang paling disukai adalah juga jalan kaki.

Selama musim semi dan panas, hari terangnya lebih panjang daripada musim dingin. Matahari juga akan terbit lebih awal. Dengan demikian, orang akan memiliki waktu yang lebih lama untuk melakukan aktivitas di luar. Dulu ketika membaca buku-buku cerita misalnya ¨Lima Sekawan¨dari Enid Blyton, ada beberapa pertanyaan yang bermunculan. Misalnya tentang fenomena alam seperti kabut atau hari terang yang lebih panjang. Kini fenomena itu sudah saya alami sendiri.

Setiap minggu, matahari akan tenggelam 30 menit lama sehingga di puncak musim panas, seakan hari terang terus. Berbeda sekali dengan Indonesia yang matahari akan terbit dan tenggelam dalam waktu yang hampir sama. Jika matahari tenggelam di ufuk barat sekitar jam 18:00 suasanya akan segera gelap gulita. Sementara di sini, suasananya masih temaram. Seperti contoh foto di atas, suasanya masih terang benderang meskipun sudah jam 22:00 malam.

Tidaklah mengherankan ketika banyak orang yang melakukan aktivitas di luar di musim panas. Orang akan memiliki libur sekitar 30 hari sehingga bisa bepergian misalnya untuk camping atau jalan kaki ratusan kilo meter.

Kembali ke thema tulisan ini. Jalan kaki menjadi salah satu bentuk sport yang sangat mudah untuk dilakukan. Kita tidak perlu membeli perlengkapan sport yang mahal. Bisa dilakukan di manapun dan kapan saja. Tanpa terasa, dengan jalan kaki, kita akan melatih tubuh untuk lebih supel dan membakar kalori. Selain itu, dengan berjalan kaki di sekitar, kita akan memiliki relasi dengan sekitar dengan lebih kuat.

Dengan berjalan kaki, saya lebih banyak menikmati keindahan dan keagungan Tuhan. Keindahan alam ciptaan Tuhan yang setiap saat terasa berbeda dan juga lebih banyak mengenal orang-orang di sekeliling. Tegur sapa dengan senyuman dan kadang obrolan singkat bisa kita lakukan ketika jalan-jalan di sekitar.

Cukup dengan jalan-jalan sekitar 30 menit setiap hari, tubuh kita akan terjaga kebugarannya.




Geen opmerkingen:

Een reactie posten