dinsdag 2 mei 2017

Berkebun: benih tomat dan lombok dari dapur sendiri

Grow your own foods





benih lombok

Setelah beberapa minggu, benih tomat dan lombok yang disemai mulai tumbuh dengan baik. Meskipun cahaya matahari tidak sekuat di Indonesia dan tidak selalu diletakkan di luar, tanaman tomat dan lombok yang semula sangat kecil itu kini menjadi sekitar 10 cm.

Setiap kali melihat pertumbuhan tanaman: mulai dari benih kecil kemudian menggeliat menguak tanah dan setiap hari bertumbuh itu, rasa takjub tidak berkurang. Betapa tidak? Butiran kecil yang mirip butiran debu itu mengandung kehidupan dan akan memberi penghidupan bagi manusia.

benih tomat

Di pasar terbuka di kota, ada penjual bunga dan tanaman. Mereka menjual juga benih-benih sayuran dan buah-buahan. Harga benih tanaman tomat dan lombok yang tingginya sekitar 20 cm adalah 4 Euro. Dengan menyemai benih tanaman dari bahan yang kita miliki, maka kita tidak perlu mengeluarkan uang. Benih-benih tomat dan lombok itu bisa diambil dari lombok dan tomat yang akan kita masak.

Caranya sangat mudah, keluarkan biji tomat dengan hati-hati. Cuci bersih dan seandainya mau disimpan, keringkan dengan seksama. Kemudian disimpan di dalam botol bersih dan kering. Begitu juga dengan benih lombok. Setiap kali memasak lombok, keluarkan bijinya, bersihkan dan keringkan dengan seksama.

Jika tidak ingin menyimpan benih itu, silahkan langsung ditanam di dalam pot yang berisi tanah berhumus atau tanah yang sudah diberi pupuk. Jika sudah besar, pisahkan benih-benih tanaman itu dan pindah ke dalam pot-pot yang lebih besar.


Geen opmerkingen:

Een reactie posten