vrijdag 7 april 2017

Berkebun: sabar dan telaten

Kenikir umur 1 minggu







Berkebun di negeri 4 musim ini memiliki tantangan tersendiri. Ketika mendapat kesempatan untuk  berkebun, saya segera mengeluarkan harta karun dari lemari. Harta karun benih dari Indonesia. Temperatur masih rendah karena masih di ujung musim dingin. Pot-pot saya isi dengan tanah dan benih-benih itu di semai di dalamnya. Beberapa jenis tanaman seperti labu dan bunga matahari sangat cepat tumbuh sementara benih tropis sangat dan amat sangat lama tumbuhnya.

Setiap pagi, saya amati pot-pot itu. Jika ada tanda-tanda kehidupan, terasa bahagia. Terutama ketika benih kenikir tumbuh. O la la ... bahagianya hati ini. Betapa tidak? kenikir ternyata membutuhkan waktu tumbuh yang lebih dari 1 bulan di negeri ini. Semula saya khawatir kalau benih kenikir sudah rusak.

Jika udara luar hangat, pot-pot dikeluarkan. Setiap sore, pot-pot dengan benih-benih itu kembali dimasukkan. Diperlukan kesabaran dan ketelatenan tersendiri. Jika lupa memasukkannya, maka ada kemungkinan tanaman tropis itu akan tidak tumbuh sama sekali karena udara dingin.

Kesabaran dan ketelatenan ini masih diuji sampai bulan depan. Di bulan mei ketika tidak ada kemungkinan udara beku di malam hari, adalah kesempatan yang bagus untuk menanam kenikir, bayam dan kangkung.


Geen opmerkingen:

Een reactie posten