zondag 19 maart 2017

Berkebun: menanam sayuran salada




Setelah lebih dari 1 minggu cerah dan hangat, sejak hari jumat kemarin, hujan mengguyur Belanda. Terutama hari sabtu kemarin hujan terus menerus turun sampai siang tadi. Niat untukberkebun di hari sabtu terpaksa batal. Saya juga memasukkan benih-benih ke dalam rumah karena suhu masih rendah.

Bersyukur hujan reda di sore hari. Setelah menonton film, sekitar jam 16:30 CP mengajak ke kebun. Angin masih bertiup agak kencang dan terasa dingin. Saya bermaksud menanam sayuran salada di dalam kotak yang sudah tersedia. Kotak itu memiliki tutup kaca sehingga sinar mentari bisa masuk. Suhu di dalam kotak akan lebih tinggi daripada suhu di luar kotak. Dengan demikian, sayuran salada akan bisa tumbuh di udara yang masih dingin.

Setelah mencabuti tanaman liar dan menggemburkan tanah, CP menyiramnya sehingga baik untuk benih yang akan ditanam.

Benih-benih itu saya tanam dalam jarak tertentu.

Sementara saya menanam benih, CP menggemburkan tanah dan membuat parit-parit kecil. Tidak terasa hari mulai gelap dan burung-burung sibuk kembali ke sarangnya. Kami segera merapikan dan menyimpan peralatan berkebun.

Kami pulang bersepeda. Terasa segar udaranya.

Sampai di rumah, CP langsung memasak untuk makan malam. Hari ini, dia ingin memasak sendiri. Sekitar jam 18:10 dia selesai memasak dan kami makan bersama dengan penuh syukur.


Geen opmerkingen:

Een reactie posten