donderdag 17 november 2016

Susu untuk balita: 2 gelas per hari





Anak-anak memerlukan minuman yang cukup, sehat dan hindari minuman yang mengandung gula. Dalam tulisan sebelumnya, minuman terbaik bagi balita dalam sehari adalah air dan teh hangat. selain itu, menurut Lembaga Pusat Pangan Belanda (Voedingscentrum), susu juga baik untuk diberikan bagi anak-anak di bawah usia lima tahun.

Susu mengandung kalsium dan vitamin B2 dan B12 yang bagus untuk pertumbuhan balita. Meskipun demikian, tidak berarti anak-anak hanya diberi susu saja.

Berapa banyak susu bisa diberikan ke anak-anak balita?

Dalam waktu sehari, sebaiknya anak-anak balita diberi sebanyak 2 gelas susu atau sekitar 300 ml. 

Mengapa hanya 300 ml susu per hari?

Susu memang baik tapi kalau berlebihan akan tidak selalu memberi dampak yang positif. Salah satunya adalah anak-anak akan sulit untuk mengkonsumsi minuman dan makanan yang lain (tidak bervariasi).

Susu bisa memberikan rasa yang kenyang dan kalau anak-anak minum susu dengan botol, maka mereka akan ¨terbiasa¨ngedot dan malas untuk menggunakan cara yang lain untuk minum atau makan.

Biasakan anak-anak minum dengan gelas sejak dini. Hal ini akan mendorong mereka untuk menggunakan koordinasi tubuh secara optimal. Dengan menggunakan gelas, anak-anak akan terlatih untuk memegang gelas, menjaga agar isi gelas tidak tumpah, minum dengan koordinasi yang baik dan melatih anak-anak berhati-hati meletakkan gelas di atas meja.









Geen opmerkingen:

Een reactie posten