zaterdag 19 november 2016

Cemilan untuk anak-anak balita

Dalam waktu rentang sehari, sebaiknya kita atur pola konsumsi makanan kita. Sebagai acuan, kita memiliki 3 waktu untuk makan besar, yakni sarapan, makan siang dan makan malam/sore. Di antara 3 waktu tersebut, sering kali kita merasa lapar atau ingin untuk mengunyah sesuatu.

Hal itu juga dirasakan oleh anak-anak balita. Mereka akan merasakan dorongan untuk mengkonsumsi sesuatu di antara jeda waktu makan. Agar anak-anak mampu mengendalikan diri sejak diri, sebaiknya sejak dini sudah mulai mengenalkan makanan dan minuman sehat juga pola waktu yang baik. Ajak anak-anak untuk makan dan minum secara teratur sehingga kita akan memiliki pola kehidupan yang teratur pula.

Di luar waktu makan besar (sarapan, makan siang dan makan malam/sore), berilah anak-anak cemilan sehat. Cemilan itu adalah dari sayuran dan buah-buahan.

Contoh buah-buahan yang baik untuk anak adalah pisang, apel, kiwi, melon, pir, jeruk, pepaya. Potong dan iris-iris tipis buah-buahan itu sehingga aman untuk dimakan oleh anak-anak balita.

Jika kita memiliki buah anggur, harap waspada jangan sampai anak-anak menelannya begitu saja. Mereka bisa tersedak dan bahaya tidak bisa bernafas. Simpan buah anggur dalam tempat yang tidak bisa dijangkau oleh anak-anak.

Seandainya mau memberi buah anggur ke anak-anak, harap buahnya diiris-iris juga sehingga aman untuk ditelan.

Sayuran juga sangat baik sebagai cemilan untuk anak-anak. Contohnya adalah wortel, paprika, tomat, dan ketimun.

Potongan sayuran itu juga bisa mengurangi rasa gatal (karena gigi-gigi tumbuh) di dalam mulut.

Kadang kita ingin sekali memberi permen atau kue ke anak-anak. Tentu saja boleh tapi sebaiknya di saat-saat istimewa, misalnya di akhir pekan ketika minum teh bersama. Dengan demikian, asupan makanan yang mengandung gula akan rendah.

Selamat menikmati week end.

Salam,
dp

Geen opmerkingen:

Een reactie posten