maandag 14 november 2016

Minuman untuk anak-anak: air dan teh tanpa gula

Sejak bayi dilahirkan, anak-anak cenderung untuk menyukai minuman dan makanan yang manis. Bahkan sampai tua, kita juga lebih menyenangi makanan dan minuman yang manis-manis. Mungkin ini disebabkan makanan dan minuman yang manis itu banyak mengandung kalori yang berguna bagi tubuh (sebagai sumber energi). Sayang sekali, kebutuhan kita akan gula itu seringkali jauh lebih sedikit daripada asupan gulanya. Salah satu akibatnya adalah kegemukan.

Agar supaya anak-anak tidak cenderung mengkonsumsi minuman dan makanan yang manis-manis, sebaiknya sejak dini dilatih. Caranya adalah tidak membeli minuman buatan pabrik, seperti jus buah-buahan atau susu coklat manis. Dalam setiap kotak minuman itu rata-rata terkandung 5 sendok gula. Bayangkan betapa banyaknya gula yang akan diasup oleh anak-anak kita?

Berilah anak-anak air matang atau air teh yang tidak kental tanpa gula. Dengan asupan air ini, anak-anak akan terhindar dari asupan gula yang berlebihan. Mereka juga akan terbiasa minum air saja.

Bagaimana caranya agar anak-anak menyukai air?
  • Air matang didinginkan, masukkan ke dalam wadah air yang menarik
  • Berilah potongan buah atau irisan jeruk dalam air tersebut
  • Oleh karena buah-buahan terutama jeruk itu mengandung zat asam yang akan mempengaruhi kesehatan gigi, jangan terlalu sering menggunakan irisan jeruk atau buah-buahan lainnya.
Bagaimana menyuguhkan air teh ke anak-anak?

  • Ajak anak-anak bermain menikmati teh dengan teko dan cangkir yang cantik
  • Hindari tambahan kue setiap kali minum teh
  • Kadang-kadang boleh ditambah kue ketika minum teh, tapi jangan setiap saat.Buatlah saat istimewa sehingga anak-anak tidak terbiasa minum teh dengan menyantap kue.

Geen opmerkingen:

Een reactie posten