zondag 27 november 2016

Memasak: mengukus

Ada berbagai macam cara untuk memasak, salah satunya yang sudah kita kenal adalah memasak dengan kukusan. Mungkin cara ini tidak begitu banyak pakai lagi selain untuk membuat beberapa jenis makanan tertentu seperti membuat lemper atau mengkukus nasi dalam jumlah banyak. Untuk sehari-hari, cara ini jarang dipakai.

Sayang sekali mengukus ini jarang dipakai untuk memasak sehari-hari. Padahal ada kelebihan memasak dengan cara mengukukus: Vitamin dan mineral makanan yang dikukus akan terjaga lebih baik (tidak larut dan tidak hilang dengan mudah seperti halnya jika makanannya direbus dengan air).


 Bahan masakan yang bisa dikukus: Sayuran, beras, dan ikan. (Sebenarnya semua bahan masakan bisa dikukus).

Peralatan mengukus: material kukusan memiliki banyak jenis, ada yang terbuat dari bambu sampai kukusan yang terbuat dari alumunium dan baja. Jenis kukusannya juga bermacam-macam. Salah satunya adalah kukusan yang bisa dilipat seperti foto di bawah ini.

Alat kukusan yang bisa dilipat. Sumber foto: IKEA
Saat ini, ada peralatan dapur modern yang bisa mengukus. Alatnya seperti oven yang bisa dipasang dalam lemari dapur.


Cara mengukus:

Memasak dengan cara mengukus membutuhkan waktu yang banyak daripada dengan cara merebus. Jadi perhatikan penggunaan airnya, jaga agar cukup tapi jangan sampai mengenai bahan masakannya.

Berikut ini saya tulis cara mengukus dengan alat kukusan kecil atau bisa juga dengan alat kukusan lipat. Dengan asumsi agar tulisan ini menjadi ide untuk memasak dalam jumlah kecil dan dilakukan setiap hari.
  • Masukkan air dalam jumlah yang cukup ke dalam panci
  • Tutup panci
  • Didihkan airnya
  • Gunakan api kecil
  • pasang alat kukusan
  • masukkan bahan masakan
  • Jika memiliki beberapa jenis bahan masakan, misalnya wortel dan brokoli. Tata bahan masakan itu menurut lama masaknya. Taruh wortel dulu baru brokoli.
  • Mengukus memerlukan uap air, oleh karena itu jaga agar airnya tidak sampai mengering.

Tips:
Air sisa kukusan bisa dipakai untuk membuat adonan bumbu, misalnya bumbu sate dan pecel. Bisa juga dimasukkan ke dalam masakan lain. 

Geen opmerkingen:

Een reactie posten