dinsdag 29 november 2016

Malam beku

Musim gugur belum berlalu namun suhu sudah semakin menurun. Bahkan tadi malam, suhunya paling rendah sejak tahun 1998. Di daerah Belanda timur suhunya adalah minus 11,9 derajat celcius. Sangat luar biasa mengingat musim dingin belum tiba.

Pagi ini, sangat senyap. Tidak ada kicauan burung atau suara celoteh tetangga. Semua orang seakan tidak mampu lagi bersuara. Berbeda dengan suasana Indonesia yang selalu penuh dengan segala macam suara.

Di depan rumah tampak beberapa tetangga yang mengerok lapisan es di kaca-kaca mobil mereka. Kegiatan ini juga dilakukan oleh suami yang mau bekerja ke kantor.

Pepohonan di luar juga dilapisi oleh kristal-kristal es. Pemandangan ini menyimpan keindahan tersendiri. Kadang, saya akan keluar dan menikmati keindahan pagi membeku.

Memasuki musim gugur tubuh kita memerlukan energi yang lebih banyak. Tapi tidak berarti harus mengkonsumsi makanan yang berlebih. Di musim yang bersuhu lebih rendah ini, saya akan memakai beberapa lapis kaos tipis yang supel. Dengan demikian, tubuh akan terjaga kehangatannya.

Di tengah udara yang dingin ini, kami lebih suka memasak berbagai jenis masakan yang agak berat seperti lasagna dan stew. Aroma masakan ini seakan mampu mengusir dinginnya udara.


Geen opmerkingen:

Een reactie posten