maandag 29 augustus 2016

Memasak nasi dengan rice cooker

Setelah berlibur selama 1 bulan lebih, kini kami mulai kembali melakukan aktivitas keseharian. Memasak, membersihkan rumah dan kebun, berbelanja, jalan-jalan, bekerja dan seterusnya.

Ketika kembali dari liburan, rasa kangen untuk menyantap nasi dan masakan Indonesia terpenuhi. Sebuah alat masak yang sangat membantu adalah rice cooker. Alat ini kini tidak bisa terlepas dari dapur. Tentu tidak hanya saya saja tapi bagi sebagian besar penyantap nasi. Terima kasih banyak untuk yang mendesain dan membuat rice cooker (-;

Selain rice cooker, saya lihat ada begitu banyak keluarga di Indonesia yang menggunakan magic jar. Saya amati, mereka memasak nasi dalam jumlah yang lumayan banyak kemudian dibiarkan selama seharian dalam kondisi hangat di dalam magic jar.

Memasak dengan rice cooker memang sangat lebih mudah daripada memasak nasi dalam ketel/panci biasa. Kita tidak perlu menunggu dan mengamati proses memasaknya.

Saya pernah mengalami kejadian yang membuat saya malu dan menyesal ketika memasak nasi dengan rice cooker. Pertama, ketika mengundang salah seorang kolega dosen muda di Yogya. Saya sibuk menyiapkan makanan dan ketika menurut perhitungan perlu memasak nasi, saya menge-klik tombol ¨cook¨kemudian melanjutkan memasak. Saking sibuknya, dan juga saya mempercayai sang rice cooker, saya tidak memperhatikannya lagi.

Ketika teman saya hadir dan saya persilahkan untuk duduk di meja makan, saya mengambil rice cooker. Tapi apa yang saya lihat? rice cookernya tetap dingin dan nasi belum matang ...! O la la ... alangkah panik dan malunya saya. Ternyata, kabelnya belum ditancapkan ke stop contact. Dengan menahan malu dan penyesalan, saya mohon maaf dan meminta untuk menunggu ke teman saya.

Bersyukur teman saya memahami dan kami tertawa bersama. Setelah mengobrol kembali dan nasi masak, kami menyantap masakan sederhana dengan suka cita.

Kejadian itu terulang satu kali lagi di NL. Setelah kejadian itu, saya akan mengecek ulang kabel dan rice cooker dengan seksama agar pengalaman itu tidak terulang kembali.

Tips:

  1. Periksa bagian dalam rice cooker jika ada kotoran segera bersihkan
  2. Simpan rice cooker dalam kondisi bersih dan kering
  3. Ketika mau memasak, pastikan kabelnya masuk ke dalam stop contact
  4. Taruh di atas meja yang kuat 
  5. Jika uap panas yang keluar dari rice cooker mengenai perabotan dapur lainnya, segera lap dan bersihkan dengan seksama

Geen opmerkingen:

Een reactie posten