zondag 10 juli 2016

Mengawetkan lombok




Pada suatu hari, suami membawa satu kantong plastik yang berisi bubuk lombok. Salah seorang koleganya membawa bubuk lombok itu dari sebuah negara Afrika. Oleh karena dia tidak menggunakannya, dia memberikannya ke kami. Ketika saya mencobanya, kami sangat terkejut dan tidak bisa lagi mengkonsumsi masakan yang terhidang. Pedas sekali sampai kami tersedak-sedak.

Rupanya lombok kering akan memiliki rasa pedas yang terpusat sehingga kepedasannya lebih tinggi daripada rasa lombok segar.

Silahkan mengeringkan lombok sendiri karena iklim Indonesia yang panas memungkinnya. Pilih dan cuci lombok segar yang tanpa cacat (jangan mengeringkan lombok yang membusuk karena akan berjamur) kemudian jemur di atas tirisan bambu. Bolak balik dengan rutin sampai kering.

Jika memungkinkan, gilinglah lombok kering itu dalam sebuah blender. Tapi jika tidak punya blender, cukup disimpan dalam wadah kering yang kedap udara.

Tips: Sebelum dijemur cuci lombok dengan seksama karena biasanya lombok disemprot dengan zat-zat kimia (obat anti hama, misalnya).

Geen opmerkingen:

Een reactie posten