maandag 27 juni 2016

Telur



Selain tahu, saya selalu memiliki telur di dalam koelkast. Selain untuk bahan baku lauk pauk, telur juga sangat besar perannya sebagai bahan dasar kue dan roti. Telur juga sangat mudah untuk diolah menjadi berbagai macam lauk. Mau telur ceplok atau telur rebus? atau telur dadar? sangat mudah sekali untuk memasaknya.

Telur yang memiliki rasa yang relatif netral akan menjadi bahan yang mudah dipakai untuk membuat berbagai masakan dengan bumbu-bumbu yang kuat seperti sambal goreng telur atau telur masak bumbu curry.

Selain mengandung banyak protein, telur juga kaya akan vitamin B12. Selain itu, telur juga mengandung vitamin D dan menjadi sumber vitamin A, B2 dan zat besi. Oleh sebab itu, telur bisa menjadi alternatif daging.

Seberapa banyak kita aman mengkonsumsi telur? dalam waktu 1 minggu kita bisa mengkonsumsi 3x telur.Kita tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi telur setiap hari. Mengapa? karena di dalam kuning telur terkandung kolesterol dan lemak yang jenuh. Kedua zat tersebut akan mempengaruhi kesehatan jantung dan pembuluh darah.

Sebaiknya kita menyimpan telur di dalam koelkast. Selain untuk menjaga kesegaran telur, juga untuk memperlambat tumbuhnya bakteri-bakteri (seperti salmonela) yang bisa mengganggu kesehatan tubuh kita.

Geen opmerkingen:

Een reactie posten