dinsdag 28 juni 2016

Nanas

Siapa yang tidak mengenal buah nanas? buah yang satu ini memiliki kesegaran yang unik dan juga bisa menambah kelezatan berbagai jenis masakan.

Beberapa tahun terakhir, di Belanda semakin mudah untuk membeli buah nanas dengan harga yang relatif murah. Kadang hanya seharga 1 euro per buah. Sebuah harga yang sebenarnya tidak pantas mengingat buah ini membutuhkan waktu dan energi yang banyak untuk sampai di meja makan kita. Tapi itulah yang namanya harga yang dipengaruhi oleh penawaran dan permintaan. Kadang kalau ada begitu banyak nanas di pasaran, kita bisa membelinya dengan harga murah.

Sayang sekali, seringkali buah nanas yang ada di Belanda tidak selalu sesegar dan semanis seperti kalau kita membelinya di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah proses perjalanan dan penyimpananya.

Menurut lembaga makanan, buah nanas kaleng memiliki kualitas yang hampir sama dengan buah yang segar. Perbedaannya adalah nanas kaleng akan memiliki kadar vitamin C yang lebih rendah daripada nanas segar. Selain itu, nanas kaleng akan mengandung lebih banyak gula karena disimpan dalam larutan gula.

Dengan mengkonsumsi buah nanas, kita akan mengasup serat yang bagus untuk pencernaan, vitamin C dan mineral natrium. Kandungan vitamin C dalam setiap 100 gram adalah 43 mg. Sebuah jumlah yang relatif besar. Jadi nanas bisa dijadikan sumber vitamin C. Kita tidak perlu lagi mengkonsumsi tablet vitamin C.

Bagaimana cara memilih buah nanas yang masak? Nanas yang masak adalah jika nanasnya mengeluarkan aroma manis dan jika kita menekan di ujung sekitar ¨mahkota¨nya terasa ada tekanan dari dalam maka buahnya matang.

Sebaiknya, buah nanas disimpan di luar lemari pendingin, jika sudah dikupas bisa diletakkan di dalam koelkast tapi jangan ditempat yang terdingin.

4 nilai lebih buah nanas:
  1. Bebas lemak
  2. Tersedia sepanjang tahun
  3. Kaya vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh
  4. Sumber serat yang bagus untuk proses pencernaan.

Geen opmerkingen:

Een reactie posten