zaterdag 18 juni 2016

Mengemil: bolehkah?

Saat ini hampir jam 15.00 sore di Belanda. Perut dan mulut rasanya ingin sekali mengemil sesuatu. Godaan untuk mengemil sangat besar di saat-saat seperti ini.  Ingin sekali makan tahu goreng atau semangkok bakso panas.

Dalam kurun waktu sehari, kita tergoda untuk mengemil di sekitar jam 10.00-12.00 dan di sekitar jam 16.00. Bagaimana kita menyikapinya?

Bagi saya, mengemil sangat boleh asal tidak melebihi batas. Nikmatilah cemilan dengan suka cita dan bahagia. Tentu ada syarat lainnya yaitu mengkonsumsi cemilan yang sehat dan dengan jumlah yang ¨secukupnya¨. Kelihatannya dengan mengemil, hormon-hormon kebahagiaan akan keluar. Comfort food sangat menggoda.

Jika kita melihat daftar makanan 4 sehat 5 sempurna, amati makanan apa saja yang bisa kita konsumsi sebagai cemilan. Buah-buahan? segelas susu?

Kalau kita tergoda untuk mengemil, ambillah buah-buahan dan kalau bisa irisan sayuran seperti wortel atau buncis yang direbus dengan cepat. Bisa juga tomat atau irisan ketimun. Berapa kali kita sebaiknya dengan aman mengemil? sekitar 3 sampai 5 kali.

Bagaimana dengan cemilan kacang-kacangan atau kedelai rebus? boleh ... asal jangan terlalu banyak.
Biskuit, roti, kentang goreng, tahu goreng, lumpia atau cake? tentu saja boleh. Asal jangan sering-sering, maksimal 3 kali / minggu.

Secukupnya itu seberapa banyak? kalau kita mau makan tahu isi misalnya. Saya akan mengambil satu dulu. Kalau mau kacang goreng? ambillah satu mangkok kecil dan isi dengan kacang, diharap jangan mengambil lagi. Kendali diri menjadi batu ujian di sini. Jujur saja, saya masih belum bisa mengendalikan diri untuk benar-benar mematuhi anjuran pusat pangan ini. Tapi saya tidak perlu menyesal dan khawatir. Masih ada sisi penyeimbangnya, naik sepeda untuk membakar kalori. (-:

Nah mudah khan? mari kita nikmati hidup ini dengan penuh syukur.

Geen opmerkingen:

Een reactie posten