zondag 19 juni 2016

Memasak sendiri vs membeli makanan

Ada sebuah pesan yang masuk dari pembaca blog ini tentang keberatan memasak sendiri. Alasannya karena dia bekerja dan menurutnya, kalau memasak sendiri jauh lebih ribet dan jatuhnya lebih mahal daripada membeli makanan jadi. Benarkah? apakah membeli makanan jadi lebih hemat? adakah keuntungan lainnya kalau membeli makanan jadi?

Saya menyadari bahwa seringkali tidak mudah untuk memasak sendiri ketika seseorang bekerja dari pagi hari sampai malam. Tidak lagi waktu dan energi. Untuk mudahnya, banyak orang yang bekerja akan membeli makanan jadi.

Ketika saya bekerja di Yogya, memasak menjadi salah satu kegiatan yang menyenangkan dan saya lakukan sesering mungkin. Terutama di sore hari. Meskipun pada waktu itu, saya juga membeli makanan di luar rumah. Untuk sarapan, gudeg, pecel dan siang hari lotek dan berbagai makanan lainnya. Sore hari, kami mengelilingi kota Yogya dan sekitarnya untuk mencari makanan yang begitu menggoda seperti sate dan tongseng.

Dengan begitu banyaknya fasilitas dan kemungkinan membeli makanan jadi di luar menyebabkan saya tidak selalu masak sendiri. Ada begitu banyak warung dan restaurant yang menyuguhkan berbagai macam makanan yang lezat dengan harga terjangkau.

Kini setelah tinggal di Belanda, kami tidak bisa melakukan hal seperti di atas. Tidak bisa lagi membeli lotek dan makanan lainnya. Kalau ingin makan gule dan sate, saya harus memasaknya sendiri.

Di sini, saya jadi lebih mandiri dan bisa memasak segala macam masakan. Dulu? tidak pernah berpikir untuk membuat bakso atau membuat makanan lainnya.

Saya sangat memahami alasan pembaca yang tidak sempat memasak sendiri. Kemudian, ketika saya peroleh informasi kalau dia memiliki asisten rumah tangga, beberapa tips berikut agar bisa menkonsumsi masakan sendiri:

  1. Buat daftar menu harian/ mingguan
  2. Buat daftar belanja dan budgetnya
  3. Beri kepercayaan dan tugas ke asisten rumahtangga untuk mengambil alih peran memasak
  4. Jangan lupa untuk menyiapkan bekal makanan ke kantor setiap hari 

Keuntungan memasak sendiri:

  1. Kita bisa mengontrol kualitas makanan 
  2. Jauh lebih segar dan sehat
  3. Lebih hemat 
Saat ini, kita tidak bisa selalu mengontrol dan mengetahui bahan dan bagaimana orang memasak. Apakah bahan masakannya segar dan sehat? bagaimana lingkungannya, sehat dan bersih?  kita perlu waspada sehingga terhindar dari berbagai macam penyakit yang datang dari makanan luar.


Geen opmerkingen:

Een reactie posten