woensdag 17 september 2014

Peralatan memasak: Pisau

Pisau menjadi alat memasak yang sangat penting. Tanpa pisau, kita akan kesulitan menyiapkan masakan. Memang, sekarang kita sudah bisa membeli bahan-bahan yang sudah disiapkan (dalam bentuk kemasan yang sudah dipotong-potong) tapi bahan itu akan lebih mahal dan kurang segar jika dibanding dengan bahan yang kita siapkan sendiri.

Saat ini, kita bisa menemukan berbagai macam jenis pisau sesuai dengan kegunaannya.Ketika memasak, pisau yang kita butuhkan adalah pisau untuk mengupas dan memotong bahan masakan. Dari dua tujuan inilah, pisau diciptakan. Tentu ada banyak variasinya yang dipengaruhi oleh cara dan gaya memasaknya (budaya setempat).

pisau serut dan pisau bergerigi
Pisau serut dan pisau bergerigi



Ada beberapa jenis pisau yang sangat penting ketika memasak, yakni:

1. Pisau kupas
2. Pisau untuk memotong sayuran
3. Pisau untuk memotong daging

A.  Jenis pisau

1. Pisau kupas

1.1. Pisau kupas biasa

Pisau kupas memiliki ukuran terkecil di antara jenis-jenis pisau lainnya.

1.2. Pisau kupas serutan

Dengan pisau serutan ini, kita bisa mengupas sayuran dan kentang dengan lebih cepat daripada dengan pisau kupas biasa. Kini, ada banyak jenis pisau serutan ini. Salah satu pisau serutan yang saya suka bisa dilihat dari foto 1.2. Dengan pisau ini, saya bisa mengupas wortel dengan sangat cepat.

2. Pisau sayuran

2.1. Pisau sayuran bentuk biasa

Pisau ini biasanya lebih besar ukurannya dan lebih panjang daripada pisau kupas. Di pasaran kita bisa menemukan berbagai macam bentuk pisau. Ada pisau khusus untuk memotong bumbu segar (seperti parsley).

2.2. Pisau sayuran bergerigi

Pisau yang bergerigi diciptakan untuk memotong tomat. Mengapa? karena tomat memiliki kulit lebih liat daripada jenis sayuran lainnya.

3. Pisau daging

Pisau daging berukuran besar dan lebih tajam daripada pisau-pisau lainnya. Ketajaman pisau ini akan memudahkan kita untuk memotong daging. Selain itu, dagingnya akan terlihat rapi irisannya.


pisau panjang dan tajam ini bisa dipakai untuk mengiris daging
pisau tajam untuk mengiris/memotong daging



B. Pengasah pisau

Pisau membutuhkan penanganan (perawatan) tersendiri agar tetap tajam. Ada jenis pengasah modern yang dibuat di pabrik tapi ada pula jenis batu asahan yang lebih murah didapat di Indonesia.
Jangan lupa untuk mengasah pisau-pisau dengan baik dan berkala. Dengan demikian, kita tidak kelabakan ketika memasak karena pisau selalu siap sedia dan tajam.

C. Perawatan dan penyimpanan pisau

Pisau terbuat dari besi dan sekarang dari baja. Seperti kita ketahui, logam jenis ini akan berkarat ketika bersinggungan dengan air. Itulah sebabnya, kita perlu merawat pisau-pisau dengan baik. Hal terpenting adalah membersihkan pisau dengan baik, mengelapnya dengan kain bersih dan menyimpan dalam laci yang kering.
Kenalkan anak-anak akan kegunaan pisau dan sisi bahayanya. Dengan demikian, kita akan mencegah terjadinya kecelakaan karena mereka sudah mengenalnya. Dengan menyimpan di tempat yang aman, tidak mudah dijangkau anak-anak, maka kita juga mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

D. Pisau berkualitas baik

Pisau menjadi alat andalan yang harus ada ketika memasak. Itulah sebabnya, sebaiknya membeli pisau yang baik dan bagus kualitasnya. Kadang kita merasa sayang untuk membeli pisau yang ¨mahal¨. Tapi dengan membeli pisau yang bagus, itu menjadi investasi bagi kenyamanan kita ketika memasak. 




Geen opmerkingen:

Een reactie posten