dinsdag 22 januari 2013

Sarapan ala Turki

Lahmacun Pizza Turki


Di kotaku, berdiam banyak sekali orang Turki. Mereka datang di akhir tahun 1960-an. Semula mereka didatangkan sebagai tenaga kerja di pabrik, antara lain pabrik yang membuat kaleng. Tidak diduga, mereka akhirnya mendatangkan istri dan anak-anaknya dan beranak pinak di sini.

Dari anak generasi kedua dan ketiga, saya memiliki banyak teman. Dari mereka, saya mengenal budaya dan makanan Turki. Mereka rajin membuat makanan sendiri yang halal. Kalau melihat cara mereka memasak, ada satu perbedaan yang menyolok. Mereka membakar roti sendiri di dalam oven. Sementara cara ini,  dulu, tidak dikenal di Indonesia. Ada beberapa macam makanan yang mereka bakar di oven, antara lain roti dan pizza.

Lahmacun adalah pizza Turki. Bahan dasarnya hampir sama dengan pizza lainnya. Hanya bahan olesannya saja yang agak lain. Mereka menggunakan daging kambing cincang dan bumbu-bumbu yang lebih spicy dan pedas.

Minuman mereka juga berbahan dasar susu. Joghurt dan susu asam menjadi bagian dari makanan mereka. Juga sayuran lalap. Sungguh bermanfaat bisa berteman dan belajar dari budaya lain.

2 opmerkingen:

  1. hmmmm.. yummyyy.. aku dibuatin donk mbaaakk...:9

    BeantwoordenVerwijderen
  2. Gampang kok membuat pizza Turki ini. Kapan ya bisa memasak di Yogya? kita bisa belajar bersama

    BeantwoordenVerwijderen