zaterdag 14 oktober 2017

Membuat minuman sari buah




Saat ini kita bisa membeli minuman dalam berbagai rasa dengan sangat mudah. Selain praktis, rasanya bisa membuat ketagihan. Hal ini disebabkan oleh rasa minumannya dan yang paling berpengaruh adalah kemanisannya. Kandungan gula dalam setiap kemasan minuman itu sangatlah banyak dan tanpa terasa, asupan gula ke dalam tubuh akan menggunung. Salah satu akibatnya adalah kegemukan.

Agar kita memiliki minuman yang lebih sehat, sebaiknya membuat sendiri. Tidak praktis? sebenarnya tidaklah sulit untuk membuatnya sendiri. Kita juga membawa minuman buatan sendiri dalam botol minuman yang bisa kita bawa kemana saja.

Bahan dasarnya sangat mudah juga kita dapatkan di sekitar kita. Segala macam buah-buahan atau kalau mau juga sayuran.

Hari ini, setelah hujan berhari-hari, Belanda sangat cerah dan suhunya di atas 20 derajat celcius. Bersama CP, saya ke kebun. Ternyata, kami masih bisa memetik framboos sebanyak 600 gram. Selain dibuat selai, saya membuat sari buah framboos dan daun mint.

Caranya mudah sekali:
  1. cuci bersih buah framboos dan daun mint. 
  2. Taruh di dalam gelas tahan panas
  3. Beri air panas sekitar 1/3 gelas
  4. Setelah dingin, tambah air dingin
  5. Kalau mau, bisa juga tambah es batu
Kita bisa memakai segala macam buah.Mau mangga? sedap ... mau jeruk? segar ... jadi mengapa kita perlu membeli minuman dalam kemasan jika kita bisa membuatnya sendiri?

Minuman buatan sendiri akan lebih sehat karena tanpa bahan pewarna, tanpa bahan pengawet dan juga tanpa gula. Selain itu, kita bisa berhemat.

Dengan membuat dan mengkonsumsi minuman sendiri, kita juga menjaga alam. Coba hitung berapa energi yang diperlukan untuk minuman dalam kemasan? berapa sampahnya? setiap kali kita minum 1 kotak atau 1 botol, kita akan membuat sampah. Jika belum memiliki cara mengelola sampah yang baik, lingkungan kita akan semakin tercemar. Jadi marilah kita mengurangi mengkonsumsi minuman kemasan dengan cara membuat minuman sendiri.

Geen opmerkingen:

Een reactie posten