dinsdag 10 januari 2017

Lombok mahal? mengapa tidak menanam lombok sendiri?


Lombok di awal musim dingin


Di awal tahun 2017 ini, salah satu berita yang menyita perhatian adalah kenaikan berbagai macam kebutuhan dasar. Mulai dari harga bensin yang kemudian merambat ke harga-harga barang lainnya. Mungkin kita tidak bisa mempengaruhi kenaikan harga BBM tapi salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah mencari peluang dan kemungkinan yang bisa dilakukan sendiri.

Lombok ternyata juga menjadi topik yang lumayan seru karena harganya semakin menggila. Lombok ini memang tidak bisa dipisahkand ari dapur kita. Meskipun pedas tapi kepedasan itulah yang membuat kita ketagihan. Hidup tanpa lombok serasa hampa.

Mengapa harga lombok mahal? menurut salah satu hukum ekonomi, harga sebuah komoditi akan naik jika stock lebih sedikit dibanding permintaan. Apakah persediaan lombok di Indonesia lebih rendah dibanding permintaan konsumen? Jika benar, wajarlah kalau harga lombok tinggi.

Mengapa persediaan lombok di negeri tropis yang subur ini tidak sebanding dengan permintaan atau kebutuhan konsumen? apakah karena semakin berkurangnya petani yang menanam lombok? ataukah karena kegagalan menanam lombok? ataukah ada faktor-faktor lainnya? Saya tidak berani menulis jawabannya. Saya tidak punya data/informasi tentang hal tersebut.

Jika kita selalu mengkonsumsi lombok mengapa tidak menanam lombok sendiri? bukankah negeri Indonesia sangat ideal untuk menanam lombok? Jika tidak memiliki lahan yang luas, kita bisa menanam lombok di dalam pot-pot.

Untuk menanam lombok, kita tidak selalu perlu membeli benihnya. Ketika memasak, simpan biji-biji lombok dan tomat kemudian simpan dalam tempat yang kering. Jika malas menyimpan, silahkan semai dan tanam langsung biji-biji itu dalam pot-pot.

Rawat dan gunakan pupuk alami sehingga tanaman itu tumbuh dengan subur. Tanpa disadari, kita akan memiliki warung hidup. Cara ini saya lakukan selama bertahun-tahun. Meskipun tidak selalu memiliki hasil yang banyak karena musim yang tidak selalu panas, ada kepuasan tersendiri dengan memiliki tanaman lombok sendiri.




Geen opmerkingen:

Een reactie posten