donderdag 15 december 2016

Bergerak setiap hari

 


Di setiap akhir tahun, ada begitu banyak di antara kita yang memiliki harapan untuk berolah raga atau menurunkan berat badan. Harapan ini kita buat untuk dilakukan di tahun baru. Saya termasuk di antara mereka yang membuat harapan itu.

Dengan harapan dan tekad itu, pusat-pusat sport dan fitness di Belanda memberikan iming-iming bebas beaya administrasi agar orang mendaftarkan diri dan berolahraga di tempat mereka. Di akhir tahun ini, mereka boleh mencoba semua fasilitas dengan gratis.

Menurut sebuah penelitian (semoga saya bisa menemukan lagi laporannya), harapan dan tekad itu tidak bisa bertahan lama. Setelah beberapa minggu, banyak orang yang berhenti dan tidak lagi melakukan sport di pusat kebugaran dan fitness. Sementara beaya abonemen masih terus berlangsung. Sayang khan?

Mengapa banyak orang yang berhenti  berolahraga setelah beberapa minggu? motivasi menjadi salah satu penyebabnya. Ketika orang mulai berolah raga, biasanya semangatnya sangat tinggi. Dilandasi dengan motivasi untuk menurunkan berat badan, agar lebih langsing, dan biasanya agar tetap sehat. Dalam hari-hari pertama, orang akan berolahraga dengan keras sehingga membuat tubuh kaget dan otot-otot sakit. Ketika tubuh mulai terbiasa dengan kegiatan itu, biasanya berat badan belum turun sesuai harapan. Motovasi semakin berkurang.

Mereka yang berharap berat badannya turun dengan berolahraga akan kecewa dan cepat turun motivasinya untuk berolahraga. Berat badan tidak turun dengan cepat. Penurunan berat badan membutuhkan waktu, perlu sport dalam kurun waktu tertentu dan juga pola konsumsi yang bagus.

Agar supaya tidak cepat berhenti berolahraga, lakukan kegiatan sport menurut skema yang baik. Bangunlah tempo seusai dengan kondisi tubuh. Mulai dari sport sederhana sampai sport yang lebih berat.

Jika tidak mampu untuk berolah raga di pusat fitness, bergeraklah setiap hari: jalan kaki, lari-lari memutari kompleks rumah, berenang, bersepeda, membersihkan rumah, berkebun. Lakukan kegiatan itu dalam waktu yang tidak lama. Mula-mula 10 menit, 15 menit kemudian lakukan gerakan itu dalam waktu yang lebih lama.

Jika di kantor ada lift, jangan gunakan. Lebih baik menggunakan tangga sehingga tubuh kita bisa bergerak. Ketika istirahat kerja, silahkan berjalan-jalan memutari kompleks kantor sekitar 10 menit. Selain mendapat udara segar, juga tubuh kita akan lebih sehat dan berat badan kita akan terjaga.



Geen opmerkingen:

Een reactie posten