zondag 13 november 2016

Latihan mengkonsumsi makanan bagi bayi

 Kapan bayi boleh mengkonsumsi makanan selain ASI? menurut Lembaga Pusat untuk anak dan Keluarga, sejak bayi berusia 4 bulan boleh menerima tambahan makanan. Bayi bisa dan boleh mengkonsumsi makanan yang juga dikonsumsi orang dewasa. Dengan beberapa catatan sebagai berikut:

  • Masak makanan sampai lembut
  • Jangan diberi garam karena tidak baik bagi ginjal
  • Makanan yang diberikan ke bayi dalam porsi kecil
  • Hindari pemberian kue-kue yang manis

 Dengan memberikan makanan padat secara dini dan teratur, anak-anak akan lebih mudah untuk menerima berbagai macam rasa dan tekstur makanan. Di masa depan, orang tua akan lebih mudah untuk memberi makanan ke anak-anak.

Latihan menyantap makanan bagi bayi berusia 4 sampai 6 bulan ini juga bermanfaat untuk menguatkan otot-otot mulut anak-anak. Selain itu, anak-anak akan berlatih untuk menggunakan sendok. (Voedingscentrum).

Dalam masa bayi berusia 4 sampai 6 bulan itu, mereka sebaiknya dikenalkan berbagai macam makanan secara pelan-pelan dan sedikit demi sedikit. Bagi bayi dalam usia tersebut, ASI atau susu botol masih menjadi konsumsi utama.

Mulai usia 6 bulan, bayi mulai dilatih untuk mengkonsumsi makanan dengan porsi yang lebih banyak. Perhatikan reaksi bayi, jika bayi mulai menunjukkan ekspresi puas dan bahagia ketika mengenal makanan, lanjutkan pemberian makanan.

Ketika memberikan makanan ke bayi, bayi dalam posisi duduk yang tegak. Hal ini bertujuan agar bayi akan mudah menelan makanan.

Berapa banyak bayi boleh menerima makanan dalam masa latihan ini? tujuan utama pemberian latihan ini adalah agar bayi mengenal makanan selain ASI dan susu. Oleh karena itu, makanannya tidak banyak, 1 atau 2 kali perhari dengan porsi 3 sampai 4 sendok kecil.

Buah-buahan juga sangat baik untuk dikenalkan. Misalnya pisang, melun dan perzik.

Jika bayi menolak makanan yang diberikan, itu sangat wajar karena mereka menerima sesuatu yang baru. Jangan  menyerah, lanjutkan pemberian makanan itu secara pelan-pelan sampai bayi terbiasa dengan rasa dan tekstur makanan yang baru.

Selamat melatih bayi.




Geen opmerkingen:

Een reactie posten