dinsdag 4 oktober 2016

Menjaga keawetan bumbu kering


bumbu bubuk kering


Bumbu kering sudah menjadi bagian dari isi dapur kita. Mulai dari merica/ lada bubuk kering sampai bawang putih yang sudah digiling dan dikeringkan. Bumbu-bumbu bubuk ini sangat praktis dan seringkali sangat membantu kita dalam proses memasak.

Ada seorang teman yang memberi nama ¨bumbu lempar¨ karena dia memakai bumbu-bumbu kering itu dengan cara melempar. Bagi saya, bukan bumbu lempar melainkan bumbu tabur karena gerakan memberi bumbu kering itu secara menabur.

Beberapa kali, bumbu-bumbu bubuk kering yang masih tersimpan dalam botol itu berjamur atau mengeras. Sayang sekali karena bumbunya masih banyak.

Mengapa bumbu bubuk kering itu berjamur atau mengeras (bawang putih bubuk)? ini disebabkan karena ketika kita menabur bumbu-bumbu tersebut di atas masakan yang beruap. Uap yang mengandung air itu akan menyebabkan bumbunya lembab dan kalau dibiarkan akan menjadikan bumbunya berjamur.

Agar supaya bumbu kering kita tetap terjaga kesegaran dan keawetannya, sebaiknya jangan menaburkan bumbu tersebut di atas masakan secara langsung. Silahkan menuang bumbunya di dalam peralatan dapur seperti sendok sayur terlebih dahulu. Dengan cara memberi bumbu dengan bantuan sendok itu, bumbu kering di dalam botol akan terlindungi dari uap masakan.

Salam hangat,
dp

Geen opmerkingen:

Een reactie posten