donderdag 20 oktober 2016

Mengapa perempuan hamil mual-mual dan muntah-muntah?



Tadi saya berbincang dengan mas Ainul yang menceritakan kalau istrinya mengalami mual-mual di bulan-bulan pertama kehamilan. Mengapa perempuan hamil mual-mual dan bahkan ada yang sampai muntah-muntah? Angan saya kembali ke masa kehamilan Cp. Pada saat itu, saya sibuk kuliah dan bersyukur tidak memiliki masalah berat dengan rasa mual-mual. Pada waktu itu, saya sensitif ketika mencium bau tertentu yang diikuti dengan rasa sedikit mual. Saya bayangkan radar dan syaraf-syaraf perempuan yang sedang hamil itu bekerja ekstra keras. Dengan demikian, tubuh akan lebih waspada demi menjaga keamanan sang bayi. Benarkah?

Ada berapa banyak perempuan hamil yang mual-mual? menurut website www.mens-en-gezondheid.infonu.nl , terdapat 75% perempuan hamil yang mengalami mual-mual di kehamilan pertama (12 - 16 minggu). Mengapa? Berikut ini saya tampilkan uraiannya.

Penyebab rasa mual yang diderita perempuan hamil itu  masih belum diketahui secara pasti. Para ilmuwan menduga bahwa rasa mual itu disebabkan oleh hadirnya hormon hCG dalam jumlah yang besar yang dibuat oleh tubuh di minggu-minggu pertama kehamilan. Selain itu, plasenta (seiring dengan pembuahan cel telur) akan membuat hormon-hormon untuk mencegah keluarnya cel telur baru. Kadar hormon hCG di dalam darah akan meningkat sehingga akan menyebabkan rasa mual. Ketika kadar hormon-hormonnya seimbang (sekitar minggu ke 12) maka rasa mual itu akan menurun dan pelan-pelan menghilang.

Meski demikian, ada sekitar 20%  perempuan-perempuan hamil yang terus menerus mual sampai bayi lahir. Mengapa? di tahap-tahap terakhir minggu kehamilan, bayi semakin membesar dan akan menekan bagian bawah maag. Hal ini akan mempengaruhi timbulnya zat asam dalam maag. Ketika bayi semakin turun maka biasanya rasa mual itu akan semakin menurun.

Jika perempuan hamil muntah-muntah, jangan langsung panik. Coba amati berapa banyak muntahannya? apakah hal itu diikuti dengan rasa malas untuk makan? dengan berpikir tenang dan jernih kita bisa mencari solusinya. Tubuh kita itu sangat luar biasa. Biasanya akan memberi sinyal yang bagus, kapan kita akan beraksi: misalnya minta minum atau minta makanan dengan rasa khusus. Mungkin ini yang bisa dipakai untuk menjelaskan mengapa perempuan hamil itu mengidam sesuatu yang khusus. Misalnya buah-buahan mengkal.

Seandainya rasa mual dan diikuti dengan muntah-muntah yang parah, segera berkonsultasi dengan dokter kandungan.

Berikut ini beberapa tips yang diberikan oleh website mens en gezondheid (manusia dan kesehatan):
  • Jika mengalami rasa mula di pagi hari, bangunlah dengan hati-hati. Jangan langsung meloncat turun dari bed. Berbaringlah dengan santai sebelum pelan-pelan turun dari bed. (biasanya saya menyetel radio yang menyiarkan musik atau berita pagi)
  • Hindari makan dalam jumlah porsi yang besar sekaligus. Buat skema 6X/hari konsumsi dengan porsi kecil dan bervariasi. Variasi mulai dari nasi, buah, sayuran, susu, joghurt, muslie dsb.
  • Jika mengalami rasa mual di malam hari, makanlah sesuatu yang kecil seperti sepotong biskuit tanpa gula.  
  • Hindari makanan yang banyak berbumbu dan berminyak selama masa kehamilan.

Geen opmerkingen:

Een reactie posten