zondag 9 oktober 2016

Membuat selai strawberry


 



Sejak tanaman strawberry berbuah, cp sudah mulai membuat ide untuk membuat selai. Aku semula tidak begitu antusias karena dia itu suka membuat tapi tidak suka membersihkan perangkat dapur dan dapurnya. Selain itu, dia juga tidak selalu mau makan apa yang dia buat.


Tiba-tiba di hari selasa kemarin dia pulang dengan membawa sekilo gula selai. Dia mengajakku membuat selai hari rabu siang karena dia libur setengah hari.

Rabu siang: setelah dia beristirahat sejenak, aksi membuat selai dimulai. Kuminta dia mengambil peralatan dan menyiapkan bahan-bahannya.

Setiap hari, kami memetik buah di kebun sendiri. Tidak banyak, sekitar 500 gr. Kami telah menyimpan panen kemarin sehingga terkumpul lebih dari sekilo. Cukup untuk membuat 5 botol selai.

Untuk kegiatan yang membahayakan seperti merebus botol-botol saya lakukan sendiri sementara sisanya dialah yang melakukannya.

Ketika dia saya minta untuk mengiris-iris buah, dia tidak mau. Dia takut terisis pisau lagi. Tapi saya tidak pantang menyerah. Setengah paksa, dia mengiris buah semuanya. Hal yang dia suka adalah memblender buahnya.

Terlihat sekali kalau dia menikmati acara membuat selai strawberry.

sortir buah
Merebus botol agar steril
bermain air ech mencuci buah
mencuci strawberry

 memblender

 mengaduk-aduk selama 5 menit




menuang selai panas dengan hati-hati


dibalik dulu selama 5 menit
segera botol dibalik shg menjadi vacuum

Geen opmerkingen:

Een reactie posten