maandag 19 september 2016

Membuat bumbu utama


Bumbu yang sudah dibekukan


Di kota tempat saya tinggal ada beberapa toko yang menjual aneka daging (butcher). Ada 5 tukang daging Turky dan 2 yang dimiliki orang Belanda. Kadang saya akan membeli daging di salah satu toko daging Turky yang letaknya di dekat rumah. Daging yang mereka jual lebih segar daripada daging yang dijual di supermarket.

Minggu kemarin ketika saya berbelanja daging untuk BBQ, pemiliknya mennyarankan agar saya membeli daging suwir filet ayam (bagian dari filet). Menurutnya, mereka menyiapkan filet ayam yang sangat banyak untuk pesta pernikahan orang Turky. Harganya 50% lebih murah daripada filet ayam. Setelah saya lihat, saya memutuskan membeli suwiran ayam itu. Keuntungannya, saya tidak perlu mengiris filet, cukup memotong-motong dalam bentuk kubus dan harganya lebih murah.

Oleh karena murah, saya tergoda untuk membeli 2 Kg ayam suwir ekstra tanpa berpikir panjang.
Sesampainya di rumah, barulah perasaan menyesal datang. Bagaimana tidak? lemari koelkast sudah penuh sementara daging ayam sangat banyak (5 Kg).

Setelah selesai menyiapkan daging untuk sate (disimpan dalam koelkast selama 1 malam biar bumbu meresap), saya mendapat inspirasi untuk membuat bahan dasar bumbu (basisnya adalah bawang merah, bawang putih, lada dan garam) dengan ayam.

Bahan:
5 bawang bombay besar (atau bawang merah)
20 siung bawang putih
lada atau mrica secukupnya
Garam secukupnya

Cara:
  • Blender semua bahan bumbu (jangan sampai terlalu halus)
  • Goreng dalam wajan sampai harum baunya
  • Potong-potong daging ayam sesuai selera, masukkan ke dalam bumbu
  • Tunggu sampai air dalam bumbu mengering
  • Biarkan dingin
  • Simpan dalam kantong-kantong plastik khusus untuk freezer
  • Simpan dalam freezer

Bumbu ini bisa dipakai untuk membuat bakmi, misalnya. Tinggal menambah bumbu-bumbu lainnya ketika memasak.



Geen opmerkingen:

Een reactie posten