maandag 12 september 2016

Bubur kacang hijau



Hari ini, saya kangen bubur kacang hijau. Biar tidak terlalu berat, saya tidak membuat bubur dengan ketan tapi cukup kacang hijau saja. Biar kalorinya tidak terlalu banyak.

Saya yakin, sebagian besar pembaca sudah pernah dan ahli membuat bubur kacang hijau. Banyak sekali variasinya sesuai selera masing-masing.

Bubur kacang hijau yang saya buat, resepnya sangat sederhana:

Bahan:

  1. Kacang hijau secukupnya, rendam selama 3 jam
  2. Gula Jawa atau gula pasir sesuai selera
  3. Jahe (kupas dan pukul-pukul sampai keluar aromanya
  4. Susu
  5. sedikit garam
Setelah kacang hijau direndam, rebus sampai empuk. Jangan lupa untuk memasukkan jahe dan garam. Setelah empuk, masukkan susu. Jaga jangan sampai susunya pecah dengan menganduk-aduknya sampai mendidih.

Saya menggunakan susu sapi agar asupan kalsiumnya tetap terjaga dengan baik. Selain itu, harga susu sapi lebih murah dan mudah didapat daripada susu kelapa alias santan (-;


Catatan:

Dalam tulisan ini, sengaja saya tidak menampilkan berapa banyak bahan yang dipakai untuk membuat bubur kacang hijau. Mengapa? karena setiap orang memiliki selera sendiri dan sangat mudah untuk membuatnya. 

Geen opmerkingen:

Een reactie posten