dinsdag 12 juli 2016

Jeruk: sumber vitamin C yang menyegarkan




Jeruk hanya tumbuh di negara-negara yang memiliki matahari yang panas. Buah yang lebih banyak memiliki warna oranye ini (itulah sebabnya dia juga disebut orange) berasal dari dataran China (di Belanda buah ini disebut Sinaasappel atau apel dari China) memang membutuhkan sinar matahari yang kuat agar bisa masak buahnya.

Di seluruh dunia ditemui sekitar 400 jenis jeruk dengan rasanya yang unik. Warna oranye itu disebabkan ketika di malam hari dengan suhu yang lebih rendah, pohon jeruk akan memecahkan chlorofil yang berwarna hijau dan ketika masak, berubah menjadi warna oranye. Tapi kita juga mengenal jeruk yang berwarna hijau, seperti jeruk yang ada di Indonesia. mengapa? karena suhu di malam hari tidak cukup bagi pohon jeruk untuk mengubah warna hijau menjadi oranye.

Jeruk ini dikenal sejak lama sebagai sumber vitamin C yang baik untuk menjaga ketahanan tubuh. Mari kita lihat kandungan buah jeruk:

Jeruk per 100 gram akan mengandung:

Kalori   ............................. 51 Kcal
Lemak ..............................   1 gr
Karbohidrat .......................9,5 gr
(gula ..................................8,3 gr)
Serat ................................. 2,1 gr
Kalsium ........................... 23 mg
Kalium .............................177 mg

Vitamin C .......................... 51 mg
Vitamin B11 ....................... 20 mcg

Sumber: Boodschappen 1, 2016: 39

Selain menjadi sumber vitamin C, aroma jeruk juga menyebabkan orang menjadi kalem dan tenang. Itulah sebabnya aroma jeruk ini dipakai untuk menenangkan orang-orang yang dipenjara agar tidak agresif. 
Kita bisa memakai kulit jeruk sebagai sumber aroma di dalam rumah. Jangan dibuang secara sia-sia.

Geen opmerkingen:

Een reactie posten