vrijdag 17 juni 2016

Porsi sayuran per hari: 4 sehat 5 sempurna terbaru

Sejak tahun 2016 ini, di Belanda diluncurkan panduan 4 sehat 5 sempurna yang terbaru. Ada banyak hal yang berubah. Perubahan ini mengikuti pengetahuan yang terus menerus berkembang.

Salah satu hal yang berubah adalah porsi sayuran yang sebaiknya dikonsumsi perhari.

Sebelumnya dianjurkan untuk mengkonsumsi sayuran sebanyak 200 gram. Kini kita dianjurkan untuk mengkonsumsi 250 gram sayuran per hari.

Agar kita bisa mengkonsumsi sayuran sebanyak 250 gram, kita bisa membaginya ke dalam beberapa kali konsumsi. Misalnya 3 kali per hari. Perbanyak jumlah sayuran yang kita masak sehingga komposisi sayuran jauh lebih dominan daripada makanan lainnya. Kita bisa menggunakan patokan, sebanyak separo dari piring kita isi dengan sayuran.

Kita juga bisa mengkonsumsi salad sayuran untuk makan siang. Di Indonesia kita mengenal salad sayuran dalam berbagai bentuk seperti pecel, lotek, gado-gado dan lain-lain. Jika kita mengkonsumsi salad tradisonal tersebut, diharapkan berhati-hati dengan saus kacangnya, jangan sampai berlebihan. Perbanyak sayuran dalam pecel, lotek dan gado-gado sehingga lebih sehat.

Geen opmerkingen:

Een reactie posten