woensdag 15 november 2017

Melatih anak mandiri bekerja



Menyiapkan anak menjadi sosok pribadi yang mandiri adalah salah satu tugas orangtua. Kemandirian seorang anak tidak terbentuk dalam waktu yang singkat dan tidak selalu mudah prosesnya. Seringkali dibutuhkan kesabaran dan taktik tersendiri agar kita bisa menyiapkan anak menjadi mandiri.

Kemandirian itu memiliki makna yang sangat luas. Mandi sendiri? itu salah satu bentuk kemandirian. Belajar tanpa bantuan orang lain, makan dan minum sendiri, menyiapkan perlengkapan sekolah sendiri, sampai mengerjakan pekerjaan rumah seperti membersihkan rumah, memotong rumput atau mencuci piring dan baju. Kemandirian itu juga bisa dalam bentuk keberanian menjadi pribadi kuat di luar rumah.

Kita bisa mulai menyiapkan anak-anak sejak dini. Dimulai dengan hal-hal kecil dan pelan-pelan membentuknya dengan hal-hal yang lebih berat.

Anak mandiri akan mengerjakan tugas dengan senang hati dan tanpa komando atau perintah. Jika hal ini sudah dilakukan, maka usaha mendidik anak mandiri dikatakan berhasil.

Saya bersyukur, CP mampu mengerjakan banyak hal secara mandiri tanpa komando. Jika rumput sudah perlu dipotong, dia akan segera mengambil alat potong rumput dan memotong rumput tanpa disuruh. Demikian pula, dia akan mencuci piring dan membersihkan lantai tanpa disuruh.

Kini, kami berharap agar dia juga semakin mandiri di lingkungan yang luas. Harapan kami adalah dia mampu terbang bebas dengan sayap-sayap yang tangguh.

Geen opmerkingen:

Een reactie posten