zondag 19 november 2017

Mandiri


Ketika anak mampu dan mau mengerjakan tugas dan pekerjaan dengan motivasi dari dalam sendiri, tanpa disuruh atau tanpa komando, dia memiliki pribadi yang mandiri. Kepribadian ini tidak terbentuk dengan sendirinya atau dalam waktu yang singkat bisa dicapai.

Sejak kecil, CP diajak untuk mengerjakan tugas-tugas dan pekerjaan rumahtangga. Dimulai dari hal-hal kecil sampai tugas yang relatif berat. Kami tunjukkan bahwa rumah tidak bisa bersih dengan sendirinya. Tidak ada peri yang membersihkan rumah ketika kita semua tidur. Tidak ada peri yang mencuci, menyetrika dan menyiapkan baju bersih, tidak ada peri yang memasak dan seterusnya.

CP perlu belajar bahwa hal-hal kelihatannya sepele dan serba ada itu tidak terjadi dengan sendirinya. Kita perlu membentuknya. Dengan kerja dan kreasi sendiri.

Kini, bersyukur sekali, CP bisa dan mau mengerjakan tugas-tugas itu tidak selalu dengan komando. Ketika bak sampah penuh, CP akan membuangnya ke bak sampah di luar. Ketika piring-piring kotor ada di dapur, dia akan mencucinya.

Kadang, CP juga tidak mau mengerjakan tugas-tugas dengan alasan tertentu. Hal itu bisa diterima. Dia juga berhak untuk menolak sebuah komando atau berhak untuk kadang tidak mengerjakan tugas rumahtangga.

Hal terpenting adalah dia memiliki kesadaran bahwa sesuatu akan terwujud kalau kita mengerjakan atau mewujudkannya sendiri. Kesadaran bahwa kita memiliki tanggungjawab bersama dalam berkeluarga dan bermasyarakat. Kesadaran dan kemauan untuk memiliki pribadi yang mandiri.


Geen opmerkingen:

Een reactie posten