woensdag 22 november 2017

Mari mengkonsumsi makanan dan buah-buahan lokal

mangga dari kebun sendiri






Makanan yang sehat dan aman sangat penting bagi kita semuanya. Meskipun demikian, kita tidak perlu membuatnya rumit dan mahal. Sebagai pemuas rasa lapar dan sarana agar kita tetap sehat maka diperlukan makanan yang sehat pula.

Makanan yang sehat ada dan tersedia di sekitar kita. Tuhan memberi lingkungan yang sangat kaya akan makanan yang bisa kita olah dan dikonsumsi. Jadi sebenarnya kita tidak perlu membeli dan mengkonsumsi makanan yang berasal dari jauh.

Mengapa? makanan yang berasal dari jauh, biasanya jauh lebih mahal harganya daripada makanan yang berasal dari daerah sendiri. Selain itu, proses pengiriman makanan itu memerlukan energi yang banyak, berarti tidak ramah lingkungan. Kita juga tidak selalu bisa mengontrol kualitas makanan yang berasal dari jauh.

Tentu saja, kita tidak menutup kemungkinan untuk mengkonsumsi makanan, buah-buahan atau biji-bijian dari luar (import) tapi jangan berlebihan. Mari kita lebih banyak mengkonsumsi produk dari sekitar kita sendiri.

Kita memiliki banyak sekali makanan, buah-buahan dan biji-bijian yang tidak kalah kualitasnya dari produk luar. Dengan mengkonsumsi produk sendiri, kita akan membantu petani sekitar dan menjaga agar alam tetap lestari. Selain itu, produk makanannya jauh lebih segar karena lebih dekat asalnya.

Sebanyak mungkin, saya mengkonsumsi produk lokal. Kalau bisa, produk dari kebun sendiri. Selain itu, semaksimal mungkin mengkonsumsi dan menggunakan produk yang sesuai dengan musimnya.

Kalau kita bisa mengkonsumsi produk lokal, kita akan lebih bisa menjaga kualitas makanannya. Kita bisa mengkonsumsi produk yang lebih segar dan hitung-hitung mengurangi beban alam.



Geen opmerkingen:

Een reactie posten