donderdag 5 november 2015

Oven

Sejak kecil saya ingin sekali bisa membuat tart, kue-kue dan cake dengan menggunakan oven. Keinginan tersebut saya pendam karena tidak mau merepotkan orangtua. Saya menyadari bahwa pada saat itu, oven tidak dapat dibeli oleh semua orang. Bahkan sangat jarang sekali ditemukan. Kalaupun ada, oven yang ada di pasaran sangat sederhana.

Pertama kali membuat cake adalah di saat saya masuk sekolah menengah pertama. Untuk mata pelajaran PKK, kami diwajibkan membuat cake. Meskipun dengan menggunakan peralatan yang sederhana, saya dan teman-teman mampu membuat cake yang lumayan enak. Cetakan yang terbuat dari aluminium tebal itu dipanggang di atas kompor dan di atas tutup diberi arang yang membara. Hal itu membuat cake menjadi lebih mengembang. Kami tidak menggunakan mixer elektrik melainkan dengan menggunakan kocokan sederhana.

Saking senangnya membuat cake, saya pernah mengarang tentang cita-cita menjadi penjual cake. Itu saya buat ketika ulangan bahasa Indonesia.

Kini, angan-angan tersebut tidak menjadi kenyataan. Saya tidak berprofesi sebagai penjual kue dan cake. Tapi, saya suka sekali membuat tart, cake dan kue-kue. Sesekali, saya akan memberi kado cake dan tart ke sekeliling.

Untuk membuat cake dan tart, oven menjadi alat yang sangat penting. Tanpa oven, saya tentu bisa menggunakan cara lain seperti mengukus, tapi oven masih tetap menjadi pilihan utama.

Beberapa hal yang perlu kita perhatikan ketika menggunakan oven:

  • Kenali oven dengan baik karena setiap oven memiliki karakter tersendiri. Perhatikan waktu untuk memanaskannya. Dengan demikian, kita akan bisa menentukan waktu untuk memanaskan oven ketika mau membakar cake atau tart 
  • Kenali juga temperatur oven. Kadang kita menyetel 180 derajat ternyata hasilnya beda. Dengan mengenali karakter oven, kita bisa menyetel temperatur oven dengan baik. Agar lebih mempercayai temperaturnya, kita bisa mengukurnya dengan alat pengukur temperatur.
  • Sebelum menggunakan oven, check terlebih dulu bagian dalamnya. Jika ada kotoran dan benda-benda lainnya, segera keluarkan dan bersihkan.
  • Setelah menggunakan oven, segera bersihkan. Jika ada minyak goreng yang tercecer, serap dengan tissue dapur atau lap. Dalam kondisi oven yang masih panas atau hangat, minyak akan lebih mudah dibersihkan. Tapi perlu berhati-hati agar tangan tidak terbakar. Setelah oven agak dingin, segera bersihkan dengan seksama. Jika kita selalu memiliki oven dalam kondisi bersih, akan membuat kita bahagia ketika memasak.

Geen opmerkingen:

Een reactie posten