donderdag 22 oktober 2015

Berbelanja: ramah lingkungan

Masih berbicara tentang berbelanja. Dengan bersepeda, kegiatan berbelanja menjadi ramah lingkungan. Tidak perlu bensin, tidak menimbulkan polusi dan tentu saja sehat.

Ketika berbelanja, diperlukan tas dan wadah untuk barang-barang yang dibeli. Selama ini, orang menerima tas plastik ¨gratis¨ (sebenarnya tidak ada barang gratis) sehingga jumlah tas plastik menjadi banyak sekali. Lain halnya kalau tas plastik itu perlu dibayar terlebih dulu. Orang akan berpikir ketika akan menggunakan tas plastik.

Di Belanda, sudah ada wacana untuk mengerem pemakaian tas plastik. Pernah di beberapa supermarket menyediakan kotak-kotak yang menyediakan tas plastik bekas  yang masih layak pakai. Rupanya aksi itu tidak sukses. Menurut pengamatan saya, pihak supermarket ¨tidak rela¨ketika konsumennya memakai tas dengan logo supermarket lainnya. (isi kotak itu bermacam-macam tergantung orang yang mengisinya). Kemudian, orang tidak lagi dengan spontan mengisi kotak.

Kemudian, pihak pemerintah menganjurkan agar supermarket dan penjual di pasar tidak memberi tas-tas plastik secara gratis. Lagi-lagi, aksi ini belum menuai hasil yang bagus. Supermarket masih tetap menyediakan tas plastik gratis. Mereka takut kalau konsumen tidak jadi membeli produknya karena harus membeli tas.

Salah satu cara agar kita berbelanja ramah lingkungan adalah dengan selalu membawa tas belanja yang kuat dari rumah. Selain itu, bisa juga membawa kotak-kota krat yang bisa dilipat. Kalau tidak punya, bawalah kotak-kotak kardus. Selain ramah lingkungan, akan memudahkan kita untuk membawa barang belanjaan ke rumah.

Geen opmerkingen:

Een reactie posten