dinsdag 20 oktober 2015

Daftar belanja




Berbelanja merupakan kegiatan yang tidak bisa kita hindari. Ada yang senang melakukannya, ada pula yang tidak menyukainya.

Di Indonesia, kita memiliki banyak kemungkinan untuk berbelanja. Ada penjual kebutuhan dapur yang keliling dari satu rumah ke rumah lainnya. Ada banyak warung di sekitar rumah dan tentu ada begitu banyak supermarket. Ada pasar di berbagai penjuru kota dan kita memiliki kemungkinan untuk berbelanja hampir di segala waktu, siang dan malam.

Berbeda dengan Indonesia, Belanda tidak memiliki semua keunikan di atas. Supermarket dan pasar memiliki jadwal buka tertentu dan tidak selalu buka 7 hari 7 malam. Pasar di kota tempat saya tinggal hanya ada pada hari jumat dan sabtu. Baru beberapa tahun terakhir ini, supermarket buka di hari minggu, mulai jam 13.00 sampai sore sekitar jam 17.00.

Kegiatan berbelanja tentu harus mengikuti irama supermarket dan pasar. Selain itu, hal yang penting adalah memperhatikan kebutuhan dan keuangan kita. Jangan sampai kita berbelanja melebihi apa yang kita butuhkan dan jangan sampai melebihi dana keuangan.

Agar kita bisa berbelanja dengan nyaman dan aman (terutama keamanan dompet), buatlah daftar belanja. Tempelkan daftar belanja di koelkast atau lemari dapur. Check dan lihatlah kebutuhan keluarga. Isilah daftar belanja itu setiap kali kita membutuhkan sesuatu. Selain daftar barang, kita perlu juga mengisi jumlah barangnya.

Seringkali supermarket memberi penawaran barang dengan harga lebih murah. Jangan sampai kita tergoda. Jangan membeli sesuatu karena harganya murah. Belilah barang karena kita benar-benar membutuhkannya. Tapi jika terlihat ada penawaran barang yang benar-benar kita butuhkan, kita bisa membelinya dalam jumlah yang lebih. Tentu jika barangnya bisa disimpan dalam waktu yang lama. Sebagai contoh: saya membeli pasta atau beras dalam jumlah yang lebih banyak ketika supermarket menjualnya lebih murah daripada biasanya. (discount 50%, misalnya).

Dengan memiliki daftar belanja, kita akan bisa melihat dan menentukan dengan lebih mudah apa yang kita butuhkan. Juga kita bisa mengontrol dan mengatur pengeluaran keuangan dengan lebih mudah.

Selamat mencoba.

Geen opmerkingen:

Een reactie posten