zaterdag 20 juni 2015

Ubi jalar: makanan utama





Pernah di suatu masa, ubi dianggap sebagai makanan orang miskin. Bahkan ada sebuah umpatan yang menggunakan kata ¨Tela¨ atau ketela. Sangat disayangkan karena ubi atau ketela memiliki manfaat yang banyak. Ada kemungkinan di saat itu, orang lebih mementingkan nasi atau beras sebagai makanan utama. Sampai sekarang bahkan nasi masih menjadi bahan pokok bagi banyak masyarakat.

Alangkah baiknya kalau kita membuat variasi makanan pokok kita. Kita bisa mengkonsumsi ketela, jagung, ubi, bulgur, atau sumber pangan lainnya yang mengandung karbohidrat. Dengan membuat variasi, tubuh akan menerima asupan makanan yang lebih komplit juga.

Ubi jalar memiliki variasi yang lumayan. Ini bisa kita lihat dari warna dan teksturnya. Salah satunya adalah ubi oranye.

Menurut sebuah koran (De Volkskratn 17 juni 2015) yang saya baca kemarin, ubi jalar ini menjadi salah sarana yang jitu untuk memperbesar harapan hidup anak-anak di negara miskin Afrika. Anak-anak di bawah usia 5 tahun setiap hari diberi ubi jalar akan berkurang sakit diare (faktor kematian utama anak-anak).

Penyebab utama dari banyaknya kematian anak-anak di negara miskin adalah kelaparan yang tersembunyi. Perut memang tidak kosong tapi hanya terisi dengan makanan yang tidak mencukupi zat-zat (gizi) bagi tubuh. Anak-anak kekurangan mineral, zat besi dan vitamin A. Vitamin A ini dikenal sebagai zat yang meninggikan daya tahan tubuh. Selain itu, 30% anak-anak di Afrika memiliki gangguan tumbuh kembang. Dengan hanya mengkonsumsi jagung, nasi dan gandum, persoalan kesehatan itu tidak bisa dipecahkan.

Dengan tambahan mengkonsumsi ubi oranye, anak-anak akan memiliki tambahan gizi dan zat berguna bagi tubuh.

Selain ubinya, kita juga bisa mengkonsumsi daunnya.

Kandungan ubi:

  • Vitamin A, B6 dan C
  • Mineral seperti kalsium, kalium dan asam folium.
Kandungan serat yang tinggi dan proses pembakaran karbohidrat yang lambat memberi rasa kenyang yang lama. Dengan demikian, ubi oranye ini bagus sekali bagi mereka yang ingin menjaga berat tubuhnya.
 
Selain manfaat itu, ubi oranye ini sangat baik dikonsumsi oleh penderita Diabetes type 2. Oleh karena karbohidratnya dibakar secara pelan-pelan maka kadar gula dalam tubuh menjadi lebih stabil jika dibandingkan dengan mengkonsumsi sumber karbohidrat lainnya. Untuk manfaat lainnya, silahkan browsing sendiri ya ..

Bagaimana cara mengolah ubi oranye?

Biasanya, dulu orang akan menggoreng, membakar atau merebus ubi ini. Kita bisa membuar variasi yang lebih banyak untuk mengolahnya. Misalnya, dimasak lembut seperti potato smash atau goreng ala kentang goreng.

Saya biasanya lebih suka merebus atau mengukusnya saja untuk menggantikan kentang sebagai makanan utama.




Een andere reden dat mensen met diabetes type 2 baat kunnen hebben bij bataat is dat er in de zoete aardappel stofjes voorkomen die het eerder genoemde adiponectine-gehalte kunnen verhogen. Dit eiwithormoon zorgt voor een betere en gereguleerde aanmaak en afbraak van insuline. Het adiponectine-gehalte is bij mensen met diabetes vaak te laag.
Het eten van zoete aardappel kan ook een gunstige invloed hebben bij de strijd tegen depressies, mede door datzelfde eiwithormoon adiponectine. Mensen met diabetes type 2 hebben tweemaal zo vaak last van een depressie. Dat komt omdat veel stofjes (waaronder hormonen) in het lichaam ontregeld zijn die ook een rol spelen bij de gemoedstoestand. Er wordt hier momenteel meer onderzoek naar gedaan.
- See more at: http://www.gezondetips.nl/zoete-aardappelen-bataat#sthash.RRGDTBlk.dpuf


Geen opmerkingen:

Een reactie posten