dinsdag 23 juni 2015

Membersihkan baju yang terkena tumpahan minyak goreng

Di hari minggu kemarin, ketika Cp membantu saya mengeringkan piring-piring, dia menyenggol botol minyak goreng. Sayang sekali, saya belum menutup botol itu dengan rapat sehingga bajunya terkena tumpahan minyak. Minyak goreng itu sudah dipakai sehingga lebih pekat dan sangat menempel di baju. Rencananya, saya mau membuang botol minyak itu ke depo minyak bekas di depan supermarket di tengah desa.

Dengan segera, saya minta dia untuk melepas celana panjang dan T-Shirtnya. Sambil memikirkan sebuah cara agar bajunya terlepas dari noda minyak. Dibersihkan dengan air? air dan minyak tidak bersahabat sehingga tidak cukup membersihkannya dengan air saja.

Setelah bajunya lepas, saya segera mengelap dan berusaha mengeringkan bajunya dengan kertas dapur (paper towel). Setelah itu, saya masukkan ke dalam mesin cuci. Sabun yang saya pakai bukanlah sabun cuci biasa melainkan sabun yang dipakai untuk mencuci piring. Mengapa? karena sabun itu ditujukan untuk melepas lemak atau minyak. Jika kita memakai sabun cuci baju biasa, noda minyak tidak bisa lepas dengan baik.

Benar, setelah dicuci 2x, bajunya bersih dan bebas dari noda minyak.

Geen opmerkingen:

Een reactie posten