dinsdag 3 maart 2015

Ikan: sehat dan murah




Kita dianjurkan untuk mengkonsumsi ikan.
Mengapa? ikan mengandung minyak yang bagus untuk tubuh. Selain itu, ikan mengandung kalori yang tidak banyak. Dengan demikian tidak perlu takut gemuk kalau mengkonsumsi ikan.

Ikan kami jadikan makanan pokok yang setidaknya 1x/minggu kami konsumsi.
Bersyukur sekali ada banyak jenis ikan tersedia dengan harga yang relatif murah.

Kita tidak harus selalu membeli ikan segar yang baru ditangkap dari laut atau sumber lainnya seperti sungai dan danau.
Di supermarket, kita bisa membeli ikan yang sudah dibekukan.
Kualitas ikan yang dibekukan belum tentu kalah dari ikan yang segar.
Hanya saja, kita tidak bisa menyimpan kembali ikan beku dan yang sudah diolah di dalam freezer. Struktur ikannya akan rusak.

Jika kita membeli ikan segar, perhatikan kesegaran ikannya dengan cara menyentuh tubuh ikan. Kalau masih kenyal dan kuat, ikan itu segar. Kemudian, lihat apakah dibalik ingsangnya masih merah dan segar. Selain itu, sisik ikan segar akan mengkilap warnanya.

Ikan itu sangat sensitif, mudah menjadi basi atau rusak. Apalagi kalau berada di negeri tropis. Oleh karena itu, ketika membeli ikan di supermarket atau pasar, belilah di saat terakhir. Kemudian sesampai di rumah kalau belum sempat memasak, simpanlah di dalam koelkast

Sebaiknya ikan disimpan di dalam tempat terdingin di dalam lemari pendingin.

Jika ingin memasak ikan yang sudah pernah dibekukan, silahkan mencairkan ikannya secara perlahan-lahan di dalam koelkast. Tentu ini membutuhkan waktu. Oleh karena itu, buatlah rencana yang baik. Selain untuk menjaga agar tekstur ikan tetap bagus, ikan juga tetap terlindungi dari ancaman bakteri.






Geen opmerkingen:

Een reactie posten