maandag 2 februari 2015

Berat porsi makanan utama



temanku orang Turki membuat roti dalam jumlah yang banyak

Kali ini saya akan membahas tentang porsi makan malam. Mengapa? karena kami hanya makan komplit di sore hari. Untuk pagi dan siang, kami makan roti atau yoghurt.

Seperti saya tulis dalam posting sebelumnya, kita biasanya mengkonsumsi makanan dalam jumlah yang melebihi kebutuhan tubuh kita. Sebagai contoh, porsi makanan suami saya. Minggu kemarin, kami menimbang terlebih dulu makanan dia. Ternyata selama ini, dia menyantap makanan dalam jumlah berlebihan, bisa 3 kali lipat !

Ketika kita makan, porsinya kelihatannya memang sedikit atau biasa saja kalau kita tidak menakarnya. Tapi ternyata setelah kita timbang, ya ampun, berlipat porsinya.

Setelah beberapa kali memperhatikan porsi yang sesuai kebutuhan, saya tidak menimbangnya lagi. Hanya untuk resep baru, saya akan menakarnya.

Porsi untuk perempuan, secara umum lebih kecil dibandingkan porsi makanan yang dibutuhkan pria.

Sebagai contoh:

Makanan untuk dinner:
Kentang matang untuk perempuan sebanyak 125 gr, sementara untuk pria 150 gr.
Nasi untuk perempuan 125 gr dan untuk pria 150 gr.
Pasta (termasuk sayuran dan saus) untuk perempuan 225 gr dan untuk pria 250 gr.

Ternyata perbedaannya tidak begitu banyak, hanya 25 gram saja.

Ketika kita menimbang makanan kita, terlihat bahwa kita hanya membutuhkan sedikit saja makanan utamanya. Hanya beberapa sendok nasi saja atau 3 potong kentang.

Tantangannya adalah apakah kita mampu dan mau mengkonsumsi makanan dengan porsi yang sehat?

Mari kita mencobanya ...

Geen opmerkingen:

Een reactie posten