vrijdag 23 januari 2015

Bolehkah mengkonsumsi buah dalam jumlah banyak?




Menurut panduan 4 sehat 5 sempurna, kita dianjurkan untuk mengkonsumsi 2 biji buah-buahan. Selain jumlah, sebaiknya juga memperhatikan variasinya. Misalnya, kita mengkonsumsi apel dan pisang hari ini. Kemudian, besok, sawo dan mangga.

Dengan mengkonsumsi buah-buahan dalam jumlah yang cukup dengan variasi yang baik, kita akan memiliki berat tubuh yang stabil karena buah-buahan mengandung sedikit kalori tapi mengandung banyak serat. Meskipun demikian, tidak berarti kita boleh (tidak dianjurkan) mengkonsumsi buah-buahan dalam jumlah yang berlebihan.

Mengapa kita tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan dalam jumlah lebih dari 2 buah?

Pertama, zat asam dari buah-buahan tidak baik untuk lapisan gigi.
Kedua, jika kita mengkonsumsi buah-buahan dalam jumlah yang berlebihan maka akan mengurangi asupan makanan dari sumber makanan yang lainnya.

Ingat kita memerlukan berbagai macam makanan agar tubuh berfungsi optimal dan sehat. Setiap jenis makanan (4 sehat 5 sempurna dan bervariasi) memiliki fungsi tersendiri. Dengan demikian, kita perlu menjaga agar asupan makanan kita mengikuti panduan 4 sehat 5 sempurna dan bervariasi.


p.s. Di masa kecil, saya kadang mengkonsumsi buah-buahan dalam jumlah yang banyak. Misalnya pernah makan buah belimbing 1 ember ketika pulang dari sekolah. Rumah kosong sementara perut juga kosong. Makanan lain belum tersedia sehingga saya memanjat dan memetik buah belimbing. Beruntung perut saya tahan dan tidak punya masalah. Saat itu, saya lebih banyak menyerap air belimbingnya saja sehingga bisa menikmati 1 ember belimbing.

Geen opmerkingen:

Een reactie posten