maandag 19 januari 2015

Buah-buahan, apa manfaatnya?






Buah-buahan, siapa yang tidak suka? di sekeliling saya, hampir semua orang suka menyantap buah-buahan. Ada yang sangat suka sehingga dalam sehari banyak memakan berbagai jenis buah tapi ada pula yang kelihatannya sekedar makan buah karena ¨kewajiban¨.

Saya sangat suka buah. Bahkan seringkali lebih suka makan buah daripada makan roti, misalnya. Kesukaan ini terbit sejak kecil karena rumah kami dikelilingi oleh berbagai macam pohon buah-buahan. Mau jambu air? jambu kluthuk? mangga? kedondong? sawo? jeruk nipis? berbagai macam pisang, belimbing? ... semua ada dan tinggal memetik di kala musimnya.

Saat ini, jika saya kangen belimbing, dan tidak bisa membelinya, saya akan menggantinya dengan buah anggur. Sambil membayangkan diri memanjat pohon belimbing, saya mengulum buah anggur dan berfantasi memetik dan memakan buah belimbing.

Kangen jambu kluthuk? tidak perlu khawatir karena ada penggantinya yakni buah peer atau pears.

Buah-buahan memiliki manfaat yang sangat diperlukan bagi tubuh kita.
  1. Buah adalah sumber serat yang berharga bagi kelancaran pencernaan
  2. Buah mengandung banyak vitamin.
 Sebagai contoh:

Buah pisang mengandung vitamin B6 dan kalium yang bermanfaat dalam pengaturan tekanan darah.

Jeruk mengandung vitamin C yang bermanfaat bagi peningkatan daya tahan tubuh.

Kiwi juga mengandung vitamin C yang sangat banyak.

Blue berry mengandung vitamin E dan banyak serat yang memberi stimulan dalam pencernaan makanan.

Buah kaki atau kesemek mengandung betacarotin yang diubah oleh tubuh menjadi vitamin A. Kandungan vitamin bagus untuk daya tubuh kita.

Saya pernah membaca di sebuah buku kesehatan tentang jumlah buah-buahan yang sebaiknya kita santap setiap hari. Menurut anjuran, kita cukup makan 2 buah-buahan saja setiap hari. Selain itu, sebaiknya kita mengkonsumsi berbagai jenis buah. Jadi selain jumlah kita perlu memperhatikan variasinya.

Geen opmerkingen:

Een reactie posten