zondag 12 oktober 2014

Sambal sebagai bahan dasar bumbu



sambal made by Dian

Di Belanda banyak sekali toko dan supermarket yang menjual sambal botolan. Variasi jenisnya juga ada banyak. Mau sambal bajak sampai sambal terasi juga ada. Harganya sangat terjangkau. Kadang kalau sedang tidak memiliki sambal, saya akan membeli sambal botolan.

Jika kita memiliki banyak sambal, jangan takut untuk menggunakannya sebagai pengganti bumbu. Mengapa? dalam sambal itu terdapat bahan-bahan dasar yang biasa kita pakai untuk memasak. Bawang merah, bawang putih, dan lombok.

Pada saat-saat tertentu kita tidak memiliki bumbu yang lengkap atau tidak memiliki waktu yang cukup untuk memasak. Nah, gunakan sambal botolan untuk membantu mengatasi persoalan itu.

Salah satu masakan yang pernah saya masak dengan sambal botolan adalah ayam pedas. Pertama, saya goreng bawang bombay, masukkan ayam yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong sesuai selera kemudian masukkan sambalnya. Kalau mau, masukkan juga daun salam atau bumbu-bumbu lain sesuai keinginan. Ungkep dan jadilah ayam bumbu pedas. Cepat dan mudah.

Geen opmerkingen:

Een reactie posten