maandag 6 augustus 2018

Resep Granola

Ketika kita membuka hari baru, sebaiknya menyantap sarapan yang kita sukai. Ada yang menyukai sarapan nasi goreng, nasi gudeg sampai sarapan model relatif baru seperti yoghurt dan granola. Sarapan ini sangat penting agar kita memiliki energi yang cukup untuk melaksanakan aktivitas sampai siang hari.

Selain energi tentu saja sangat penting untuk memiliki makanan yang mengandung vitamin dan serat yang cukup. Selain itu, perlu diperhatikan agar asupan makanan itu mengikuti anjuran 4 sehat 5 sempurna.

Granola yang semula lebih banyak dikonsumsi di negara-negara luar Indonesia, sekarang bisa kita miliki dengan mudah. Sebenarnya selain membeli granola, kita bisa membuatnya sendiri dengan mudah.

Dengan membuat sendiri granola, kita bisa memiliki kebebasan untuk menentukan isi granola dan bagaimana cara kita membuatnya. Bahan-bahannya tidak perlu sama sesuai granola yang dijual di supermarkt. Sebaiknya kita memakai bahan yang tumbuh dan mudah dijumpai di Indonesia. Misalnya hazelnut. Jenis kacang ini biasanya tumbuh di negeri 4 musim. Kita bisa menggantinya dengan jenis kacang lainnya yang tumbuh di Indonesia, misalnya kacang tanah, kacang mete atau kenari. Jika tidak memiliki oatmeal, kita bisa menggunakan jagung tumbuk atau beras merah tumbuk kasar. Seandainya tidak ada yoghurt, bisa memakai susu kedelai atau santan segar.

Isi granola bisa kita tentukan sendiri sesuai selera. Mau ditambah parutan kelapa segar? oke. Mau ditambah berbagai buah-buahan kering? tambah lezat.

Berikut ini resep granola yang biasanya saya pakai.

Bahan:

100 gram hazelnut cincang
300 gram biji bunga matahari atau biji labu (yang sudah dikupas)
150 gram buah cranberry kering
300 gram oatmeal
6 sendok makan madu
6 sendok makan minyak goreng
50 gram kelapa parut

Cara membuat:

  1. Panaskan oven 170 derajat celcius
  2. Letakkan kertas tahan panas di atas loyang
  3. Campur hazelnut cincang, oatmeal, kelapa parut, biji bunga matahari, madu dan minyak dalam sebuah pinggan
  4. Panggang dalam oven selama 30 menit. Setiap 10 menit aduk dan bolak balik campuran granola
  5. Keluarkan dan dinginkan selama 1 jam
  6. Setelah dingin tambahkan buah kering
  7. Simpan dalam stopfles yang steril

Jika kondisinya baik, granola ini bisa tahan 2 minggu. Perhatikan kelembaban ruangan. Jika ada tanda-tanda kemunculan jamur segera buang.

Selamat mencoba

Geen opmerkingen:

Een reactie posten