woensdag 21 februari 2018

Menjaga Kesehatan Gigi

tersenyum tanpa menampilkan deretan gigi cemerlang


Tidak jarang, ada orang yang menyembunyikan gigi-gigi ketika tersenyum. Di antaranya disebabkan, orang bersangkutan merasa gigi-giginya tidak pantas ditampilkan. Katanya, gigi-giginya tidak putih cemerlang dan tidak rapi.

Tersenyum memang biasanya diiringi dengan tampilnya sederet gigi-gigi. Bukan untuk menakuti tapi sebagai tanda rasa bahagia, ramah dan terbuka. Sayang sekali jika ada sebagian orang yang malu dan enggan menampilkan gigi-giginya.

Mungkin secara tidak sadar, kita kurang menghargai keberadaan sang gigi di dalam mulut kita. Ketika sang gigi tidak berontak dan protest karena didera penyakit dan erosi, kita tidak menyadari betapa pentingnya mereka. Menurut orang yang pernah menderita sakit gigi, sakitnya sangat luar biasa.

Bagaimana agar kita memiliki gigi-gigi yang sehat dan cemerlang ketika tersenyum?

Untuk menjaga dan merawat gigi-gigi, setidaknya dalam 1x/hari menyikatnya dengan seksama sampai bersih. Dengan menyikat gigi-gigi, karang gigi akan hilang. Sayang sekali, hal ini tidak mudah untuk dicapai. Meskipun sudah menyikat gigi (rata-rata 2x/hari), karang gigi tetap saja tidak bisa hilang dan masih saja ada yang memiliki masalah dengan kesehatan gigi (berlubang  dan sakit gigi lainnya).

Gigi yang kelihatannya sepele ini ternyata membutuhkan perhatian yang banyak. Itulah sebabnya ada dokter gigi yang membuka praktek tersendiri.

Peran dokter gigi sangat besar bagi kesehatan gigi kita. Setidaknya setiap 6 bulan sekali, kita perlu memeriksakan gigi dan menghilangkan karang gigi.

Selain itu, kita sendiri juga berperan besar dalam menjaga kesehatan gigi kita. Caranya?

  1. Mulai dengan memiliki sikat gigi dengan kualitas bagus. Sikat gigi yang tidak keras dan memiliki kepala sikat yang kecil dengan bulu-bulu yang kuat namun lembut. Saat ini, sudah bisa membeli sikat gigi elektrik yang memiliki kualitas yang lebih bagus. Dengan memiliki sikat gigi dengan kualitas bagus, kita sudah memiliki basis yang kuat untuk merawat kesehatan gigi. Jangan enggan membuat investasi untuk menjaga kesehatan gigi kita dengan membeli sikat gigi yang baik.
  2. Odol yang mengandung flour sangat baik untuk digunakan
  3. Sikat gigi-gigi selama minimal 2 menit setiap kali, pagi setelah sarapan dan malam sebelum tidur. Apakah perlu menyikat gigi beberapa kali setiap hari? tidak perlu. Lebih baik menyikat gigi sekali per hari secara baik dan benar sehingga benar-benar bersih daripada menyikat gigi beberapa kali per hari. 
  4. Sikat gigi dengan gerakan yang benar dan menyeluruh
  5. Gunakan alat flossing untuk membersihkan kotoran di sela.sela gigi secara teratur.

Selamat merawat dan menjaga kesehatan gigi. Jangan lupa tersenyum cerah ...




Geen opmerkingen:

Een reactie posten