vrijdag 19 januari 2018

Badai: pepohonan




Kemarin, angin sangat kencang menderu-deru di Belanda. Angin badai dengan kecepatan maksimal 143/km menyebabkan Belanda lumpuh. Kereta api tidak aktif sehingga ribuan penumpang terdampar dan tidak bisa ke tempat tujuan. Angkutan umum lainnya juga tidak berjalan sementara kalau mau naik sepeda atau berjalan kaki juga akan terlempar karena anginnya sangat kencang.

Banyak sekali pepohonan yang bertumbangan dan rumah-rumah yang rusak karena badai kemarin. Hal itu tidak seberapa dibandingkan dengan 3 korban yang jatuh. Ada 2 orang korban jiwa karena tertimpa dahan pohon.

Di Belanda ini, terdapat begitu banyak pohon di sepanjang jalan (di luar jalan cepat). Pepohonan itu membuat suasana teduh dan mengurangi polusi. Tetapi pepohonan itu akan sangat berbahaya ketika angin bertiup kencang.

Meskipun pemerintah sudah menganjurkan orang agar tidak bepergian tapi tetap saja orang keluar rumah karena ada banyak keperluan. Sayang sekali ada di antara mereka yang tertimpa dahan pohon sampai meninggal.

Kemarin, suami dan anak juga harus pergi ke kantor dan ke sekolah. Anak tidak bisa tinggal ke rumah karena sedang ada ujian. Dengan khawatir saya melepas mereka. Bersyukur sekali mereka selamat sampai tujuan. Biasanya mereka hanya membutuhkan waktu 30 menit tapi kemarin membutuhkan waktu 1 jam karena banyak jalan yang ditutup karena ada pohon-pohon yang berjatuhan.

Sebenarnya pemerintah daerah sudah memiliki banyak pegawai khusus yang merawat dan meneliti kelayakan pepohonan. Dananya sangat besar karena jumlah pepohonan memang sangat banyak sekali. Meskipun sudah diawasi dan dirawat dengan baik tetap saja tidak bisa melawan kekuatan alam.

Badai memang sangat merepotkan tapi di sisi lain, kita bisa melihat bahwa badai itu memiliki sisi positif. Badai bisa menentukan pepohanan yang tidak layak lagi. Pepohonan itu akan bertumbangan dan bisa diganti dengan pepohonan baru.

Saat ini, rakyat Belanda dianjurkan untuk menghindari hutan atau tempat yang banyak pepohonan. Dikhawatirkan, ada dahan dan ranting yang masih akan runtuh. Sampai kondisi aman, baru dibolehkan untuk berjalan-jalan lagi di tempat yang banyak pepohonan.

Geen opmerkingen:

Een reactie posten