donderdag 21 december 2017

Berkebun bersama

Berkebun bersama (WijDeventer december 2017)

Setiap bulan beredar koran gratis yang dikeluarkan oleh lingkungan perumahan setara dengan RT/RW. Di koran itu tertera informasi tentang aktivitas dan informasi penting lainnya. Salah satu informasi menarik adalah kegiatan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang mengelola lahan kosong di lingkungan dalam kota. Mereka membersihkan sebuah lahan yang tadinya dipenuhi tanaman liar. Lahan seluas 80 meter persegi itu kini terbuka dan ditanami 30 jenis tanaman.

Setiap hari selasa secara bergantian, mereka mengelola kebun mungil itu. Jenis tanamannya adalah tanaman bumbu, tanaman hias dan tanaman yang tahan hidup di ruang yang tidak terkena sinar matahari langsung.

Kegiatan mereka ini selain mengubah lahan yang tadinya tidak tersentuh menjadi ruang hijau juga mempererat hubungan antar tetangga. Lingkungan yang hijau akan mendatangkan kesejukan dan keindahan tersendiri juga.

Di sekitar kita terdapat banyak ruangan dan lahan kosong yang juga mengundang untuk disentuh. Kiranya kegiatan mereka itu menjadi sumber inspirasi bagi kita untuk bekerja sama dengan tetangga, mengubah dan menghijaukan lingkungan.

Kita bisa mulai dengan lahan yang ada di sekitar dulu. Tidak perlu muluk-muluk dengan lahan yang luas. Lihatlah lahan yang ada di sekitar rumah. Jika ada ruangan kosong, tanamlah tanaman bumbu yang mudah dan tahan banting, seperti sereh. Tanaman sereh akan menjadi penghias yang indah di sekitar rumah. Selain itu, jika produksinya banyak, bisa dibagi atau dijual.


Geen opmerkingen:

Een reactie posten