donderdag 19 mei 2016

Minuman segar dan sehat

Di toko dan supermarket kita bisa membeli begitu banyak jenis minuman. Baik minuman yang bersoda maupun yang bukan. Seringkali kita membelinya karena alasan praktis dan tentu karena menyukai minuman itu.

Dari berbagai penelitian, kita mengetahui bahwa minuman kemasan itu mengandung kalori yang sangat tinggi. Kandungan kalori itu berasal dari gula yang dipakai sebagai pemanis. Selain gula, kita juga tidak bisa mengetahui kandungan-kandungan lain dalam minuman kemasan tersebut.

Kita bisa mengajukan berbagai pertanyaan sebelum membeli minuman kemasan: apakah zat pewarnanya aman? berapa besar kandungan gulanya? berapa banyak kandungan buahnya (kalau minuman itu juice fruit) dan seterusnya.

Pernah saya melihat sebuah program di TV yang meneliti tentang kandungan buah-buahan dalam minuman kemasan. Ternyata prosentasenya sangat sedikit. Isinya sebagian besar adalah air dan gula.

Jika kita memiliki kemauan, kita sebenarnya bisa membuat minuman segar dan sehat. Kita tidak perlu menggunakan peralatan yang mahal seperti blender untuk membuat minuman sehat.

Misalnya minuman yang kita beri perasan air jeruk nipis. Mudah khan?

Kalau ingin membuat juice buah-buahan, kita bisa membuatnya tanpa menggunakan blender. Pilihlah buah-buahan yang sudah masak. Seperti mangga. Kupas dan iris kecil-kecil. Kemudian masukkan ke dalam gelas besar tambah air sesuai selera dan es. Aduk-aduk sebentar... dan siap untuk diminum. Mudah khan?


Geen opmerkingen:

Een reactie posten